
Pengaruh Brand Ambassador dan Media Iklan Televisi terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Make Over di Kota Tarakan
Pengarang : Kiky Cahya Amalia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Ambassador dan media iklan televisi terhadap keputusan pembelian produk Make Over di kota Tarakan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan asosiatif. Objek dalam penelitian ini ialah seluruh wanita yang menggunakan produk Make Over di Kota Tarakan. Populasi pada penelitian ini ialah termasuk kedalam jenis populasi infinit, dimana jumlah dari popuasi yang tidak diketahui secara pasti. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validasi, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, Koefisien korelasi, koefisien Determinasi (R2) dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Ambassador (X1) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Media iklan televisi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta media iklan televisi (X2) berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian (Y).
The purpose of this study to see how much of an impact the brand ambassador and television advertising medium have on make over product purchase in tarakan an associative technique was applied in this study. the participants in this study were all tarakan city women who utilized make over product. the population in this study was the infinite population type, which means that the exact number of people was unknown with a total sample of 100 participants, the sampling method employed was purposive sampling validation test, reliability tesat, classic assumption test, multiple linear regression test, correlation coefficiebt, coefficient of determination (R2) and hypothesis testing were some of the data analysis techniques employed. the result of this study revaled that brand ambassador (X1) had little or a minor impact on purchasing decisions (Y) Television advertising media (X2) had the most dominant effect on purchasing decisions, and it had a favoirable and significant effect on purchasing decisions (Y)