
Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT. PLN (PERSERO) Wilayah Kaltimra Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Kota Tarakan (UP3) Tarakan)
Pengarang : Fitriani Cholidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kota Tarakan yang menggunakan listrik prabayar dengan jumlah sampel 160 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji-t, yang dioperasisikan dalam program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, Variabel Harga berpengaruh positif terhadap kepusan pelanggan, dan Variabel kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
This study aimed to determine the effect of product quality, price, and service quality on customer satisfaction. this study used quantitative approach with a survey method. the sample was determined using non-probability sampling with the purposive sampling technique. a total pf 160 prepaid electricity users in Tarakan City were taken as the study sample. the data were analyzed using multiple regression analysis and t-test, which the help of the SPSS version 26. The results of this study indicated that the product quality variable had a positive effect on customer satisfaction, and the service quality variable had a positive effect on customer satisfaction.