
Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus di Kota Tarakan (Studi Kasus Pengguna Laptop Asus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Adi Purwanto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Dan Loyalitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pengguna Laptop Asus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan). penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Pengguna Laptop Asus Pada Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan dengan jumlah sampel 100 responden. Metode anlisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS Versi 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kesadaran merek dan asosiasi merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. sedangkan variabel persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
The Research aimed to figure out the effect of brand awareness, quality perception, brand association, and brand loyalty on purchasing decisions for Asus laptops in Tarakan City (Case Studi of Asus laptop Users at University of Borneo Tarakan Students). This research used quantitative methods with survey methods. The sampling methods used was non-probability sampling with purposive sampling technique. The a sample in this study were Asus laptops users at the University of Borneo Tarakan with a sample size of 100 respondents. The data analysis method employed was multiple regression analysis with the assistance of the SPSS program version 16. The results of this study indicated that brand awareness and association variables had no effect on purchasing decisions. On the other hand, the variables of quality perception and brand loyalty had a positive and significant effect on purchasing decisions.