Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Maskapai Lion Air Di Bandar Udara Juwata Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Maskapai Lion Air Di Bandar Udara Juwata Tarakan

Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen Maskapai Lion Air Di Bandar Udara Juwata Tarakan

Pengarang : Ayu Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek, dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Juwata Tarakan. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan non-probability sampling, namun secara teknik penepatan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam studi penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggunakan jasa Maskapai Lion Air di Bandar Udara Juwata Tarakan dengan sampel sebanyak 210 responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan uji t (parsial) dengan bantuan program aplikasi SPSS V26. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Juwata Tarakan artinya semakin terjangkau tingkat suatu harga maka semakin meningkat juga kepuasan konsumen, variabel citra merek berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Juwata Tarakan artinya citra merek kurang mempengaruhi secara langsung terhadap kepuasan konsumen, dan variabel kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Maskapai Lion Air di Bandar Udara Juwata Tarakan artinya semakin tinggi tingkat kepercayaan konsumen maka semakin meningkat juga kepuasan konsumen.

Kata kunci: Harga, Citra Merek, Kepercayaan Konsumen, dan Kepuasan Konsumen

This research aimed to investigate the influence of price, brand image, and customer trust on customer satisfaction with Lion Air at Juwata Tarakan Airport. The author used a quantitative approach with a survey method in this research. The sampling method in this research used non-probability sampling with the sampling technique was purposive sampling. The population in this research were people who had used Lion Air airline services at Juwata Tarakan Airport with a sample of 210 respondents. The analytical method used in this research was multiple linear regression analysis and t-test (partial) using the SPSS V26 application program tool. The results showed that the price variable had a positive and significant effect on customer satisfaction for Lion Air at Juwata Tarakan Airport, which means that the lower the price level is, the more customer satisfaction will increase. The brand image variable had an influence but is not significant on customer satisfaction with Lion Air at Juwata Tarakan Airport, which means that brand image had less impact on customer satisfaction. Meanwhile, the customer trust variable had a positive and significant effect on customer satisfaction with Lion Air at Juwata Tarakan Airport, which means that the higher the level of customer trust, the higher the consumer satisfaction will be. Keywords: Price, Brand Image, Customer Trust, and Customer Satisfaction

Detail Informasi