
Pengaruh Online Customer Review, E-Service Quality Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Di Kota Tarakan)
Pengarang : Evi Adriany Nursyam - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh online customer review, e-service quality, dan content marketing terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Kota Tarakan yang telah melakukan pembelian pada marketplace Shopee dengan jumlah sampel 230 responden. Pengukuran variabel pada penelitian ini menggunakan skala Litkert. Metode analisis yang digunakan yakni analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee.
Kata Kunci : Online Customer Review, E-Service Quality, Content Marketing, Keputusan Pembelian
This research aims to examine the effect of online customer reviews, e-service quality, and content marketing on purchasing decisions. This research uses a quantitative approach with a survey method. Data collection was carried out using the non-probability sampling method with purposive sampling technique. The sample in this study were Tarakan City students who had made purchases at Shopee marketplace with samples of 230 respondents. Variable measurement in this study uses a Likert scale. The analytical method used is multiple linear regression analysis which was processed using the SPSS program version 25. The results of this study show that the variables of online customer review, e-service quality, and content marketing have a positive and significant effect on purchasing decisions on marketplace Shopee. Keywords: Online Customer Review, E-Service Quality, Content Marketing, Purchase Decision