
Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan, Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pembelian Produk Ramayana Di Kota Tarakan
Pengarang : Muhammad Reza Ridwan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2024XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga, kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pembelian produk di ramayana kota tarakan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat kota tarakan yang pernah melakukan pembelian produk di Ramayana dengan jumlah 210 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil uji analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan pada pembelian produk Ramayana di kota Tarakan, variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan pada pembelian produk Ramayana di kota Tarakan, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasaan pelanggan pada pembelian produk
Ramayana di kota Tarakan.
Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan kepuasan pelanggan
This research aims to determine the effect of price, product quality, and service quality on customer satisfaction in purchasing Ramayana products at Tarakan City.This research uses a quantitative approach. The sampling method used is non-probability sampling using purposive sampling techniques. The sample in this research was the people of Tarakan City who had purchased Ramayana products with a total of 210 respondents. The analytical method used was multiple linear regression analysis with the SPSS program version 23. The results of the multiple linear regression analysis test show that the price, product quality, and service quality variables have a positive and significant effect on customer satisfaction in purchasing Ramayana products at Tarakan City. Keywords: Price, Product Quality, Service Quality, and customer satisfaction