
Pengaruh Trust, Brand Image, E-Service Quality Dan Product Quality Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Kosmetik Wardah Pada Online Shopping
Pengarang : Nirma - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Niat pembelian ulang merupakan refleksi atau cerminan dari perilaku konsumen untuk membeli merek yang sama dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis variabel trust terhadap niat pembelian ulang, variabel brand image terhadap niat pembelian ulang, variabel e-service quality terhadap niat pembelian ulang dan varibel product quality terhadap niat pembelian ulang produk kosmetik wardah pada online shopping. Penelitian ini menggunakan pendekatan pada jenis data kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Tarakan yang pernah menggunakan produk kosmetik wardah lebih dari 2 kali dengan umur minimal 17 tahun. Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Lemeshow menunjukkan bahwa jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data menggunakan kusioner yaitu berupa pertanyaan yang diberikan kepada responden. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel trust tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang, variabel brand image tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang. variabel e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang, dan variabel product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang produk kosmetik wardah pada online shopping.
Kata Kunci: Trust, Brand Image, E-service Quality, Product Quality, dan Niat Pembelian Ulang
Repeat purchase intention is a reflection of consumer behavior to buy the same brand from time to time. This study aims to determine and analyze the trust variable on repeat purchase intention, the brand image variable on repeat purchase intention, the e-service quality variable on repeat purchase intention and the product quality variable on repeat purchase intention for Wardah cosmetic products in online shopping. This research used a quantitative data type approach. The population in this study were people in Tarakan city who had used Wardah cosmetic products more than 2 times with a minimum age of 17 years. The result of calculations using the Lemeshow formula showed that the number of samples in this study were 100 respondents using purposive sampling techniques, the data collection method used a questionnaire, namely in the form of questions given to respondents. Hypothesis testing used in this study was multiple regression analysis by using the SPSS 25 program. Thus, it can be concluded that the trust variable had no influence on repeat purchase intention, the brand image variable had no effect on repeat purchase intention, the e-service quality variable had a positive and significant effect on repeat purchase intention, and the product quality variable had a positive and significant effect on the intention to repurchase Wardah cosmetic products in online shopping Keywords: Trust, Brand Image, E-service Quality. Product Quality, Repeat Purchase Intention