Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Pantene Di Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Pantene Di Kabupaten Nunukan

Pengaruh Country Of Origin Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Pantene Di Kabupaten Nunukan

Pengarang : Dhea Divtania Apriliandara - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel country of origin terhadap keputusan pembelian produk shampo Pantene di kabupaten Nunukan dan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian produk shampo Pantene di kabupaten Nunukan, serta untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kabupaten Nunukan yang pernah membeli atau menggunakan produk shampo Pantene dan berusia antara 16 sampai 50 tahun. Sampel penelitian ini berjumlah 160 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel country of origin (X1) didapatkan nilai unstandardized coefficients B yaitu 0,158 dan standard error yaitu 0,69. Untuk standardized coefficients Beta didapatkan nilai 0,201. Adapun t hitung (2,276) > t tabel (1,654) dan signifikan (0,024) < 0,05. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk shampo Pantene di kabupaten Nunukan adalah variabel brand ambassador (X2) dengan unstandardized coefficients B yaitu 0,374 dan standard error yaitu 0,69. Untuk standardized coefficients Beta didapatkan nilai sebesar 0,481. Adapun t hitung (5,442) > t tabel (1,654) dan signifikan (0,000) < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel country of origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk shampo Pantene di kabupaten Nunukan. Dan secara parsial variabel brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk shampo Pantene di kabupaten Nunukan.


Kata Kunci : Country of Origin, Brand Ambassador dan Keputusan Pembelian.

This study aimed to determine and analyze the influence of country of origin and brand ambassador simultaneously and partially on purchasing decisions for Pantene shampoo products in the Nunukan district community and determine which variables provide the most influence. The research population in this study was the Nunukan district community who had bought or used Pantene shampoo products between 16 and 50 years old. The research sample was 160 respondents using a purposive sampling technique. The research instrument used a questionnaire. The research analysis employed a multiple regression analysis. The research finding showed that both variables significantly influence purchasing decisions for Pentene shampoo. Country of origin (X1) gained an unstandardized coefficient B value of 0.158 and a standard error of 0.69, standardized coefficients Beta a value of 0.201, t-test (2.276) > table (1.654) and significant (0.024) table (1.654), and significant (0.000) < 0.05. Thus, a brand ambassador (X2) and the country of origin (X1) partially influence product purchasing decisions in the Nunukan District. Keywords: Country of Origin, Brand Ambassador, and Purchasing Decision

Detail Informasi