
Pengaruh Motivasi, Efikasi Diri Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Tarakan
Pengarang : Wahyudi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2023XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh motivasi, efikasi diri dan supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri diKota Tarakan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di SMA Negeri diKota Tarakan sebanyak 178 guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menyebarkan kuesioner dengan pengukuran menggunakan skala likert dengan interval 1 sampai 5. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan uji t dan mengunakan program aplikasi SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikan 0,274 serta
efikasi diri dan supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Motivasi, Efikasi Diri, Supervisi Kepala Sekolah, Kinerja
The objective of the research was to examine the effect of motivation, self-efficacy and supervision of the principal on the performance of teachers at state high school in Tarakan City The population of the research were 178 teachers working at public senior high school. This research employed a quantitative approach applying a survey method The sampling technique for doing the survey was a saturated sampling. The data collection was conducted by distributing questionnaires with measurement of Likert scale with intervals of 1 to 5. The hypothesis testing was a multiple linear regression analysis with the t test, applying SPSS 25. The results of this research indicated that motivation has a positive and insignificant effect on performance with a significant value of 0.274, and self-efficacy and supervision of the principal have an effect on performance with a significance value of 0.000 Keywords: Motivation, Self-Efficacy, Principal Supervision, Performance