Development of Pop-Up Book in Teaching English of Seventh Graders at MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Development of Pop-Up Book in Teaching English of Seventh Graders at MTs Negeri Tarakan

Development of Pop-Up Book in Teaching English of Seventh Graders at MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Santi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan berdasarkan teori ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas VII MTs Negeri Tarakan. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam mengembangkan buku Pop-Up terdiri dari: wawancara dengan guru dan siswa untuk menganalisi masalah yang di alami oleh guru dalam proses pembelajaran, analisis kebutuhan siswa, validasi materi pembelajaran, merancang desain media pembelajaran, produksi media, validasi media, evaluasi dari guru bahasa Inggris, uji coba skala kecil, uji coba skala besar, implementasi dan revisi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengambil data adalah pedoman wawancara, angket kebutuhan siswa, lembar validasi dan angket respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan buku Pop-Up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli, skor rata-rata dari aspek materi pembelajaran adalah 4.00 dengan kategori sangat valid, sedangkan skor rata-rata dari aspek media yaitu 3.57 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, skor rata-rata dari hasil penilaian dari guru bahasa Inggris yaitu 3.86 dengan kategori sangat valid. Hal ini mengindikasikan bahwa buku Pop-Up yang dikembangkan oleh peneliti sangat baik dan layak untuk uji coba. Tanggapan siswa-siswi terhadap buku Pop-Up juga sangat positif untuk setiap item yang ditanyakan. Siswa-siswi juga sangat setuju bahwa buku Pop-Up ini dapat mendorong motivasi dan siswa-siswi lebih aktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa buku Pop-Up yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

This study used a research and development design based on the ADDIE theory (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The subjects were 60 seventh grade students of MTs Negeri Tarakan. The steps taken by the researcher in developing the Pop-Up book consisted of interviews with teachers and students to analyze problems experienced by the teachers in the learning process, analysis of student needs, validating learning materials, designing instructional media designs, media production, media validation, evaluation from English teacher, small-scale trials, large-scale trials, implementation and revision. The research instruments to collect data were interview guides, student needs questionnaires, validations sheets and student questionnaire about learning using the Pop-Up book. The result showed that the average score of the learning material aspect from the expert validation was 4.00 (very valid category), from the media aspect was 3.57 (very valid category), and for assessment result from English teacher was 3.86 (very valid category). This indicated that the Pop-Up book developed by the researcher was very good and worthy of testing. The students’ responses to the Pop-Up book were also very positive for each item asked. The students also strongly agreed that this Pop-Up book could encourage motivation and students were more active in learning. It was concluded that the Pop-Up book developed in this study was in accordance with the needs and characteristics of the students so that it was suitable for use in learning English.

Detail Informasi