Analisis Efisiensi Pemasaran Produk Madu Lebah Kelulut (Trigona sp.) Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Efisiensi Pemasaran Produk Madu Lebah Kelulut (Trigona sp.) Di Kota Tarakan

Analisis Efisiensi Pemasaran Produk Madu Lebah Kelulut (Trigona sp.) Di Kota Tarakan

Pengarang : Raudya Tuzzahrah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bermaksud menjawab empat pertanyaan terkait produk madu lebah kelulut (trigona sp) di Kota Tarakan. Yang pertama bagaimana saluran pemasaran produk madu lebah kelulut (trigona sp) Di Kota Tarakan ?, kedua bagaimana margin pemasaran produk madu lebah kelulut (trigona sp) Di Kota Tarakan ? yang ketiga bagaimana farmer’s share saluran pemasaran produk madu lebah kelulut (trigona sp) di Kota Tarakan ? dan yang ke empat bagaimana tingkat efisiensi saluran pemasaran produk madu lebah kelulut (trigona sp) Di Kota Tarakan. Metode pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Metode pengambilan sampel menggunakan metode sampling total. Jumlah sampel responden sebanyak 3 pengusaha madu lebah kelulut trigona sp binaan UPT.KPH Kota Tarakan, 1 orang pengelola koperasi UPT.KPH Kota Tarakan, dan 1 orang pengelola UMKM Kota Tarakan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis margin pemasaran, analisis farmer’s share, dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa : pertama, terdapat tiga saluran pemasaran produk madu lebah kelulut (trigona sp) di Kota Tarakan yaitu dimana saluran I produsen langsung menjual produk madu ke konsumen akhir tanpa melalui lembaga pemasaran, saluran II produsen menjual produk madu nya melalui satu lembaga pemasaran, dan saluran III produsen menjual produk madu nya melalui dua lembaga pemasaran. kedua, total margin pemasaran pada saluran I dan II sama yaitu Rp. 0, pada saluran III total margin yang diperoleh sebesar Rp. 10.000. Ketiga, hasil Farmer’s Share dari ketiga saluran pemasaran yaitu sebesar 100%. Keempat, hasil perhitungan efisiensi pemasaran dari ketiga saluran pemasaran yaitu 0%.
Kata kunci: Lebah Kelulut (trigona sp), Saluran Pemasaran, Efisiensi Pemasaran

This study aimed to answer four questions related to honey bee (Trigona sp) products in Tarakan City. First, how is the marketing of Kelulut bee honey products (Trigona Sp) in Tarakan City channeled? Second, what is the marketing margin of honeybee products (Trigona Sp) in Tarakan City? Third, how is the farmer's share ofmarketing of kelulut bee honey products (trigona sp) in Tarakan City channeled? Fourth, what is the level ofefficiency ofmarketing channels for honey bee products (Trigona Sp) in Tarakan city? The sample were collected using purposive sampling method. The sample consisted of 3 honey bee entrepreneurs of UPT. KPH Kota Tarakan, 1 respondent who was manager of cooperation of UPT. KPH Kota Tarakan, and 1 respondent who was the UMKM manager Tarakan Kota Tarakan. The types ofdata used in this study were primary data and secondary data. The data were analyzed using qualitative descriptive methods, marketing margin analysis, farmer's share analysis, and marketing efficiency analysis. The results of this research showed that, first, there were three marketing channels for the honey bee products in Tarakan City, namely ( 1) producers directly sold the honey products to end consumers without going through marketing agencies, (2) manufacturers sold their honey products through one marketing agency, and (3) manufacturers sold their honey products through two marketing agencies. Second, the total marketing margin on the first and second channels were the same that was Rp. 0, and in the third channel, the total margin obtained was Rp. 10,000. Third, the farmer's share revenue from all the three marketing channels was 100%. Fourth, the result ofthe calculation of marketing efficiency from the three marketing channels was 0%. Keywords: Bees (Trigona Sp), Marketing Channels, Marketing Efficiency

Detail Informasi