Analisis Usahatani Dan Efisiensi Pemasaran Jagung Manis (Zea mays L. saccharata sturt) Di Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara, Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Usahatani Dan Efisiensi Pemasaran Jagung Manis (Zea mays L. saccharata sturt) Di Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara, Kota Tarakan

Analisis Usahatani Dan Efisiensi Pemasaran Jagung Manis (Zea mays L. saccharata sturt) Di Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara, Kota Tarakan

Pengarang : Noor Afriani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jagung Manis Adalah Salah Satu Komoditas Yang Di Budidayakan Di Kelurahan Juata Laut, Kecamatan Tarakan Utara, Kota Tarakan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk: (1) Untuk Mengetahui Budidaya Tanaman Jagung, (2) Untuk Mengetahui Besar Pendapatan Yang Diperoleh Oleh Petani Jagung, (3) Untuk Mengetahui Kelayakan Usahatani Jagung, (4) Untuk Mengetahui Tingkat Efisiensi Pemasaran Jagung. Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Analisis Deskriftif Analisis Pendapatan, Dan Analisis Efesiensi Pemasaran Yang Melibatkan Margin Pemasaran Dan Farmer’s Share. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Pendapatan Usahatani Jagung Manis Sebesar Rp. 895.232,63 Per Satu Kali Musim Tanam. Kelayakan Usahatani Jagung Manis Menunjukkan Nilai R/C Ratio Sebesar 1,6 Yang Berarti Usahatani Jagung Manis Layak Untuk Diusahakan. Ada Dua Pola Saluran Pemasaran Didaerah Penelitian Yaitu Petani - Pedagang Pasar Dan Petani - Pengepul - Pedagang Pasar. Dari Kedua Saluran Pemasaran Tersebut Saluran Pemasaran Pertama Lebih Efisien Dibandingkan Dengan Saluran Pemasaran Kedua.
Kata Kunci: Pendapatan Usahatani, Saluran Pemasaran, Efesiensi Pemasaran

Sweet Corn Is One The Commodities That Are Cultivated In Juata Laut Sub-District, North Tarakan District, Tarakan City. This Study Aims To : (1) Determine The Cultivation Of Corn, (2) Determine Of Amount Of Income Earned By Corn Farmers, (3) Determine The Feasibility Of Corn Farming, (4) Determine The Level Of Marketing Efficiency Of Corn. The Data Analysis Used In This Study Descriptive Analysis Of Income Analysis, And Marketing Efficiency Analysis Involving Marketing Margins And Faremer's Share. The Results Of This Study Indicate That The Sweet Corn Farming Income Is Rp. 895,232.63 Per One Growing Season. The Feasibility Of Sweet Corn Farming Shows An R/C Ratio Value Of 1.6 Which Means That Sweet Corn Farming Is Feasible To Cultivate. There Are Two Patterns Of Marketing Channels In The Research Area, Namely Farmers - Market Traders And Farmers - Collectors - Market Traders. Of The Two Marketing Channels, The First Marketing Channel Is More Efficient Than The Second Marketing Channel. Keywords: Farm Income, Marketing Channels, Marketing Efficiency

Detail Informasi