Strategi Pengembangan Usaha Sambal Banjar Pada Industri Rumah Tangga Lizy Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Strategi Pengembangan Usaha Sambal Banjar Pada Industri Rumah Tangga Lizy Di Kota Tarakan

Strategi Pengembangan Usaha Sambal Banjar Pada Industri Rumah Tangga Lizy Di Kota Tarakan

Pengarang : Herlista Mayuli - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Salah satu sektor industri yang ikut berperan dalam pembangunan nasional adalah industri rumah tangga. Permasalahan yang selalu dihadapi oleh industri rumah tangga adalah kurang memiliki jaringan pemasaran yang luas, sumberdaya manusia yang tidak kompeten, kurangnya modal, ketersediaan bahan baku, serta peralatan yang masih sederhana/tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik usaha sambal banjar Lizy dan merumuskan strategi pengembangan usaha sambal banjar Lizy. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari survey lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber publikasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan desktiptif dengan alat analisis SWOT. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sengaja dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan karakteristik usaha yaitu usaha sambal banjar Lizy berada di Persemaian blok G No 12 RT 14 Kelurahan Karang Harapan Kecamatan Tarakan Barat, usaha ini berdiri sejak tahun 2017 dengan modal awal sebesar Rp 4.000.000 dan kini sudah bisa meraih omset sebesar Rp10.000.000 sampai Rp15.000.000 per bulan. Sambal banjar Lizy mempunyai varian rasa rumput laut, ebi, kepiting soka dan ikan papija yang diproduksi dua kali dalam seminggu dimana dalam satu kali produksi menghasilkan 90 botol yang artinya dalam satu bulan dapat memproduksi delapan kali produksi dan menghasilkan 720 botol. Sambal banjar Lizy di pasarkan diberbagai supermarket yang ada di Kota Tarakan dan juga keberbagai daerah seperti Balikpapan, Makasar, dan Batam. Strategi pengembangan usaha yang dapat digunakan pada usaha sambal banjar Lizy adalah strategi SO yaitu meningkatkan kapasitas produksi dengan memanfaatkan teknologi yang lebih modern agar proses produksi lebih efektif dan efesien, serta mengembangkan pemasaran yang lebih luas ke luar wilayah.
Kata kunci: Strategi pengembangan, Analisis SWOT, Sambal Banjar

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi