Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Kelapa Sawit Di Desa Lapri Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Kelapa Sawit Di Desa Lapri Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan

Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Kelapa Sawit Di Desa Lapri Kecamatan Sebatik Utara Kabupaten Nunukan

Pengarang : Kasmawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Kecamatan Sebatik Utara merupakan salah satu daerah sentra produksi tanaman kelapa sawit di Kabupaten Nunukan. Aktivitas perdagangan antar negara sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal didaerah perbatasan khususnya daerah Sebatik. Pasar yang ada di Tawau menjadi tempat bagi petani di Sebatik untuk menjual hasil sumber daya mereka, salah satu diantaranya ialah komoditas kelapa sawit yang merupakan komoditas unggul di Daerah Sebatik khususnya Desa Lapri. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui saluran pemasaran kelapa sawit petani di Desa Lapri (2) Menganalisis margin pemasaran yang diperoleh masing-masing lembaga pemasaran kelapa sawit (3) Menganalisis farmer’s share yang diterima petani (4) Menganalisis besarnya efisiensi saluran pemasaran kelapa sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis margin pemasaran, farmer’s share dan analisis efisiensi pemasaran. Hasil dalam penelitian ini ialah terdapat dua saluran pemasaran dengan margin, famers share dan perhitungan efisiensi yang berbeda – beda. Pada pola pemasaran I diperoleh total margin sebesar Rp 412/kg dan pada saluran pemasaran II diperoleh total margin sebesar Rp 548/kg. Hasil perhitungan farmer’s share pada pola pemasaran I diperoleh sebesar 73%, dan pada pola saluran pemasaran II diperoleh sebesar 63%. Berdasarkan perhitungan efisiensi diketahui bahwa saluran pemasaran I merupakan saluran yang efisien karena bagian yang diterima petani terbilang besar yaitu 73%, sedangkan pada pola saluran pemasaran II merupakan saluran yang kurang efisien karena hasil analisis efisiensinya lebih besar dari saluran pemasaran I yaitu sebesar 36,6%.
Kata Kunci: Kelapa sawit, saluran Pemasaran, margin Pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran

Sebatik Utara District is one of the production centers of palm oil in Nunukan Regency. Internatonal trade activies are very beneficial for people who live in the border areas, especially in the Sebatik region. The market in the Tawau is a place for farmers in Sebatik to sell the yield of their resources, one of which is the commodiy of palm oil which is a superior commodity in the Sebatik region especially Lapri Village. The objectives of this study were to: (1) find out the marketing channel of palm oil farmers in Lapri Village; (2) analyze the marketing margins obtained by each palm oil marketing agency; (3) analyze the share received by the farmers; (4) analyze the magnitude of the efficiency of palm oil marketing channels. The analytical method used in the research were marketing margin analysis, farmer's share analysis and marketing efficiency analisys. The results indicated that there were two marketing channels with different margins, farmer's share and calculation of efficiency. In market channnel 1, total margin of Rp. 412 /kg was obtained and in marketing channel 2 a total margin of Rp. 548 /kg was obatained. The calculation of farmer's share in marketing pattern 1 was obatained by 73%, and in the marketing channel pattern 2 it was obtained by 63%. Based on the calculation of efficiency it was know that marketing channel 1 was an efficient channel because the portion received by farmers was fairly large at 73%, whereas in the pattern of marketing channel 2 was a less efficient channel because the results of the analisys of efficiency were greater than marketing channel 1 which was 36.6%. Keywords: palm oil, Marketing channels, Marketing margins, Farmer's share, and Marketing efficiency

Detail Informasi