Event Study - Strategi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Typologi Milles-Snow (Studi Kasus UMKM Di Kota Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Event Study - Strategi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Typologi Milles-Snow (Studi Kasus UMKM Di Kota Tarakan)

Event Study - Strategi Bisnis Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Typologi Milles-Snow (Studi Kasus UMKM Di Kota Tarakan)

Pengarang : Fitriani Puspita Sari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tipe stategi menurut Milles and Snow Pada UMKM di Kota Tarakan. Pemilihan strategi yang tepat untuk dilakukan ketika menghadapi perubahan kondisi lingkungan saat ini, seperti pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah UMKM diwilayah Kota Tarakan. Pemilihan UMKM dilakukan dengan memilih kriteria yang sesuai pada penelitian ini, kriteria yang menjadi informan pada penelitian ini adalah, UMKM yang memiliki modal 5-10 juta, dan mengalami penurunan omzet. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa UMKM yang dapat bertahan dimasa pandemi covid-19 adalah UMKM yang menerapkan strategi prospector. Yang ditandai dengan selalu melakukan inovasi, kreatif dan inovatif terhadap produk yang dimiliki. Kemudian di susul oleh strategi defender dan analyzer.

This research aimed to provide an overview related to the strategy types according to Milles and Snow on MSMEs in Tarakan and select the right strategies in facing the changes in the recent environmental conditions, such as Covid-19 pandemic. This research was conducted using a descriptive-qualitative method with data collection techniques in the form of interview and documentation. The research objects were MSMEs in Tarakan areas. The MSMEs were selected based on criteria required for this research. The criteria for informants used in this research were the MSMEs having the capital of 5-10 million rupiahs and experienced turnover decrease. The research results showed that the MSMEs surviving during the COVID-19 pandemic were those implemented the prospector strategies, characterized by always making innovations through product creativities and innovations, followed with the defender and analyzer strategies.

Detail Informasi