
Analisis Efisiensi Saluran Pemasaran Usahatani Jamur Tiram Dan Bibit Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) Studi Kasus UKM AQSHA Di Kota Tarakan
Pengarang : Anisa Fitri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Budidaya Jamur Tiram Merupakan Salah Satu Solusi Untuk Memenuhi Permintaan Konsumen Karena Penyediaan Jamur Tiram Secara Alami Tidak Lagi Dapat Memenuhi Permintaan Konsumen. Dari Saluran Pemasaran Yang Ada Rendahnya Tingkat Harga Yang Diterima Produsen Erat Kaitannya Dengan Saluran Pemasaran Yang Panjang. Penelitian Ini Bertujuan 1.Untuk Mengetahui Bentuk Saluran Pemasaran Jamur Tiram Dan Bibit Jamur Tiram Di UKM AQSHA. 2.Untuk Mengetahui Marjin Pemasaran Dan Farmer’s Share Jamur Tiram Dan Bibit Jamur Tiram Di UKM AQSHA. 3.Untuk Mengetahui Efisiensi Saluran Pemasaran Jamur Tiram Dan Bibit Jamur Tiram Di UKM AQSHA. Metode Penentuan Sampel Yang Di Gunakan Adalah Metode Judgemental Dan Snowball Sampling. Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif, Margin Pemasaran Dan Famer’share. Hasil Penelitian Menunjukan Di UKM AQSHA Untuk Jamur Tiram Ada Satu Saluran Pemasaran Dengan Tiga Pedagang Pengecer Yaitu STB, Pasar Tenguyun Dan Pedagang Sayur Dengan Saluran Pemasaran Yang Sama Ialah Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir. Sedangkan Saluran Pemasaran Bibit Jamur Tiram Ada Dua Saluran Pemasaran Dengan Lokasi Yang Berbeda Yaitu Podusen – Konsumen Akhir Dan Pedagang Luar Kota Dengan Saluran Pemasaran Produsen- Pedagang Pengecer –Konsumen Akhir. Berdasarkan Hasil Perhitungan Nilai Margin Pemasaran Yang Paling Terendah Untuk Jamur Tiram Adalah Di STB Yang Memiliki Nilai Presentase Margin Yaitu 16,67% Dimana Melalui Pemasaran Produsen - Pedagang Pengecer- Konsumen Akhir. Sedangkan Margin Pemasaran Yang Paling Rendah Untuk Bibit Jamur Tiram Adalah Yang Memiliki Nilai Presentase Margin Yaitu Rp.0,- Per Ons Di Mana Melalui Pemasaran Peodusen –Konsumen Akhir. Berdasarkan Hasil Perhitungan Farmer’s Share Yang Tertinggi Pada Jamur Tiram Yaitu Pemasaran Di STB Dengan Farmer’s Share Sebesar 83,33 %. Sedangkan Hasil Perhitungan Farmer’s Share Yang Tertinggi Pada Pemasaran Bibit Jamur Tiram Diperoleh Yaitu Sebesar 100%. Adapun Saran Dalam Penelitian Ini Adalah (1) UKM AQSHA Mampu Meningkatkan Skala Produksi Dengan Cara Menambakan Kapasitas Baglog (2) Kepada Pemerintah Kota Tarakan Di Harapkan Perlu Mengembangkan Serta Membantu UKM Jamur Tiram Dalam Hal Permodalan Maupun Pembinaan Dalam Hal Teknis (3) Bagi Peneliti Selanjutnya Bahan Referensi Sebagai Bahan Pelajaran Yang Berkaitan Dengan Penelitian Ini.
Oyster mushroom cultivation is one solution to supply two meet consumer demand because the supply of oyster mushrooms naturally insfficient consumer demand. From the existing marketing channels the low price level received by producers is closely related to the long marketing channels. This study aims to 1. determine the marketing channel for oyster mushroom and oyster mushroom seeds in UKM AQSHA. 2. find out the marketing margin and farmer's share of oyster mushrooms and oyster mushroom seeds in UKM AQSHA. 3. find out the efficiency of the marketing channel of oyster mushroom and oyster mushroom seeds in UKM AQSHA. The sampling method used is judgmental and snowball sampling methods. Analysis of the data used is descriptive analysis, marketing margins and famer'share. The results showed in the UKM AQSHA for oyster mushrooms there was one marketing channel with three retailers namely STB, tenguyun market and vegetable traders with the same marketing channel were producers - retailers - final consumers. While there are two marketing channels for oyster mushroom seeds firat producers - final consumers and out-of-town traders with producer marketing channels - retailers - final consumers. Based on the calculation of the lowest marketing margin value for oyster mushrooms is in the STB which has a percentage value of 16.67% where through marketing manufacturer marketing - retailer trader - final consumer. Whereas the lowest marketing margin for oyster mushroom seeds is those that have a margin value of Rp. 0, - per ounce, through marketing peoducers - final consumers. Based on the calculation of the highest farmer share in oyster mushrooms, namely marketing at STB with a farmer’share of 83.33%. While the highest farmer’s share calculation results on marketing oyster mushroom seeds were obtained that is equal to 100%. The suggestions in this study are (1) UKM AQSHA can improve its marketing channels in various places or locations. (2) The Tarakan city government is expected to develop and assist UKM AQSHA Oyster Mushroom in terms of capital and fostering in technical matters (3) For further researchers reference material as study material related to this study.