Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Ayam Broiler (Gallus domesticus) Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Ayam Broiler (Gallus domesticus) Di Kota Tarakan

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Ayam Broiler (Gallus domesticus) Di Kota Tarakan

Pengarang : Junita Thania Panjaitan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Seiring Dengan Semakin Meningkatnya Laju Pertumbuhan Penduduk, Membaiknya Tingkat Pendapatan, Meningkatnya Taraf Pendidikan Masyarakat, Maka Tingkat Konsumsi Penduduk Terhadap Produk-Produk Peternakan Mengalami Peningkatan, Salah Satunya Adalah Daging Ayam. Masyarakat Kota Tarakan Merupakan Salah Satu Pengkonsumsi Daging Ayam Terbesar Di Provinsi Kalimantan Utara, Sehingga Banyak Sekali Peternakan Ayam Yang Tersebar Di Daerah Ini Guna Memenuhi Kebutuhan Daging Masyarakat Setempat. Konsumen Dalam Membeli Daging Ayam Melakukan Pemilihan Untuk Membeli Dari Berbagai Pertimbangan. Hal Ini Dikarenakan Konsumen Mengalami Ketidak Cocokan Dengan Fasilitas-Fasilitas Tertentu Pada Barang Yang Telah Dibelinya Atau Mendengar Keunggulan Tentang Harga Lain. Berdasarkan Hal Tersebut Peneliti Ingin Mengetahui Lebih Dalam Tentang Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Daging Ayam Broiler (Gallus Domesticus) Di Kota Tarakan. Penelitian Ini Bertujuan Untuk : 1). Untuk Mengetahui Tingkat Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler (Gallus Domesticus) Di Kota Tarakan, 2).Untuk Mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran Daging Ayam Broiler (Gallus Domesticus) Di Kota Tarakan Metode Yang Digunakan Dalam Penentuan Sampel Responden Adalah Metode Accidental Sampling, Dengan Jumlah Responden 80 Orang. Variabel Terikat (Y) Dalam Penelitian Ini Adalah Pengambilan Keputusan, Sedangkan Variabel Bebas (X) Adalah, Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi. Hasil Penelitian Ini Adalah: 1). Variabel Produk (X1) Memiliki Nilai Sig. = 0,001 < 0.05, Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Variabel Produk Memberikan Pengaruh Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Ayam Broiler Di Pasar Gusher Dan Pasar Tenguyun Dengan Memperhatikan Beberapa Hal, Diantaranya Adalah Kesegaran Ayam, Kualitas Ayam, Dan Packaging Ayam, 2). Variabel Harga (X2) Memiliki Nilai Sig. = 0.087 > 0.05 Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Variabel Harga Tidak Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Ayam Broiler Di Pasar Gusher Dan Pasar Tenguyun, 3). Variabel Promosi (X3) Memperoleh Nilai Sig. = 0.009 > 0.05 Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Variabel Promosi Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Ayam Broiler Di Pasar Gusher Dan Pasar Tenguyun, Dan 4). Variabel Lokasi (X4) Berdasarkan Hasil Analisa Diperoleh Nilai Sig. = 0.000 < 0.05 Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Variabel Lokasi Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Ayam Broiler Di Pasar Gusher Dan Pasar Tenguyun.
Kata kunci: Bauran, ayam broiler, keputusan, konsumen

Along with the increasing rate of population growth, improving income levels, increasing the level of public education, the level of population consumption of livestock products has increased, one of which is chicken meat. The people of Tarakan City are one of the biggest chicken meat consumers in North Kalimantan Province, so there are a lot of chicken farms scattered in this area to meet the local people's meat needs. Consumers in buying chicken meat choose to buy from various considerations. This is because consumers experience incompatibility with certain facilities on goods that have been purchased or hear the advantages of other prices. Based on this the researcher wants to find out more about the influence of the marketing mix on consumer decisions in purchasing broiler chicken meat (Gallus domesticus) in Tarakan City. This research aims to: 1). To determine the level of purchasing decisions of broiler chicken meat (Gallus domesticus) in Tarakan City, 2). To find out the influence of the marketing mix of broiler chicken meat (Gallus domesticus) in Tarakan City . The method used in determining the sample of respondents is the Accidental sampling method, with 80 respondents. The dependent variable (Y) in this study is decision making, while the independent variable (X) is, product, price, promotion, and location. The results of this study are: 1). The product variable (X1) has a Sig. = 0.001 0.05 so it can be concluded that the price variable does not affect consumers' decisions in buying broiler chickens in the Gusher market and Tenguyun market, 3). The promotion variable (X3) gets the Sig. = 0.009 > 0.05 so it can be concluded that the promotion variable influences consumer decisions in buying broiler chickens in the Gusher and Tenguyun markets, and 4). Location variable (X4) based on the analysis results obtained Sig. = 0.000 < 0.05 so it can be concluded that the location variable influences consumer decisions in buying broiler chickens in the Gusher and Tenguyun markets.

Detail Informasi