
The Effect Of Scrabble Game On Students’ Reading Achievement In Eleventh Graders Of SMAK Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Erna Suryani Incau - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari effek dari menggunakan Scrabble Game sebagai media dalam meningkatkan pengetahuan/nilai membaca siswa dalam narrative teks material di kelas sebelas di SMAK Frater Don Bosco Tarakan. Penelitian ini berbentuk percobaan (Pra-eksperiment). Peneliti mencari perbedaan dari pencapaian siswa dikelas sebelum dan setelah diajarkan menggunakan Scrabble Game. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas 11.A yang berjumlah 23 siswa SMAK Frater Don Bosco Tarakan pada tahun pembelajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis pra tes dan pos tes. Data deskriptif yang dikumpulkan mengunakan tes analisis dengan mengunakan paired simple t-test pada program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest dan posttest siswa, Skor mereka adalah 39.04 di pretest dan 41.08 di posttest. Artinya peningkatan nilai ratarata siswa adalah 2.08. Dapat di lihat bahwa peningkatan nilai rata rata siswa pada posttest lebih tinggi dari pada pretest dan menunjukan perbedaan yang signifikan dari nilai membaca siswa atau Ha di terima dan Ho di tolak, Kemudian dapat disimpulkan bahwa Scrabble Game terbukti efektif meningkatkan pengetahuan/nilai membaca siswa dalam materi narrative teks di kelas sebelas di SMAK Frater Don Bosco Tarakan
Tidak Tersedia Deskripsi