
The Use Of Collaborative Strategic Reading Towards Students’ Reading Comprehension Of The Twelfth Grader Students Of SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Jefri Mangape - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi Collaborative Reading dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dikelas duabelas SMKN 2 Tarakan dengan metode penelitian Pre-experimen. Peneliti mencoba untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan strategi Collaborative Reading. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII TKJ 1 yang terdiri dari 21 siswa di SMKN 2 Tarakan. Instrument tersebut adalah tes tertulis dengan pertanyaan tentang pemahaman membaca dalam pretest dan posttest untuk mengukur pencapaian siswa dalam proses pembelajaran selama treatments. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest. Itu dibuktikan dengan hasil skor rata-rata siswa. Nilai rata-rata dalam pretest adalah 55,62 dan skor rata-rata pada posttest adalah 68,38. Skor rata-rata posttest lebih tinggi dari pretest. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sifnifikan dari pencapaian pemahaman membaca siswa pada pretest dan posttest. Hasil uji dari paired sample test menunjukkan bahwa t-test (4,638) lebih tinggi dari t-table (2,086). Dalam penelitian ini, peneliti menemukan ada perbedaaan yang signifikan sstelah strategi collaborative reading diterapkan dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi collaborative reading telah terbukti menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa dikelas duabelas SMKN 2 Tarakan.
Tidak Tersedia Deskripsi