
The Analysis Of Students’ Pronunciation Of Supra-Segmental On Descriptive Text At Tenth Grade Student Of SMAN 1 Tanjung Palas In Academic Year 2019/2020
Pengarang : Nurlaily Padilla Hayati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2021XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis pengucapan siswa pada fitursupra-segmental pada teks deskripsi di Sekolah Menengah Atas 1 Tanjung Palas tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, peneliti mengambil 19 siswa-siswi untuk melakukan penelitian ini. Data di kumpulkan dengan pengamatan di kelas online X MIPA-3, dokumentasi rekaman suara siswa, dan wawancara. Peneliti melakukan pengamatan untuk mengetahui aktivitas dan respon siswa. Untuk mendapatkan keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dokumentasi rekaman suara siswa yang telah di nilai dan menyajikan data dengan presentase. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara dan menuliskan hasil wawancara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan, siswa tidak mengetahui aturan pelafalan bahasa Inggris, terutama fitur supra-segmental (penekanan kata) dan siswa menghadapi kesulitan dalam menempatkan tekanan kata dengan benar. Hasil dari pengamatan, siswa tidak memberikan respon yang baik selama pelajaran bahasa Inggris berlangsung. Hasil dari rekaman suara siswa menunjukkan bahwa 89.4% siswa berada dalam kategori kurang baik. Hasil dari wawancara menunjukkan bahwa siswa yang menjadi perwakilan di kelas X MIPA-3 merasa takut dan gugup ketika belajar bahasa inggris di kelas.
Tidak Tersedia Deskripsi