
Classifying Errors In Descriptive Writing Made By Eight Students In SMP Negeri 2 Sei Menggaris By Using Surface Strategy Taxonomy
Pengarang : Vingki Muliana Husain - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengklasifikasikan jenis-jenis kesalahan yang terjadi dalam penulisan text deskritif menggunakan surface strategy taxonomy. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII SMP Negeri 2 Sei Menggaris pada tahun pembelajaran 2020/2021, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Data diperoleh melalui tes tertulis. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 40 kesalahan siswa yang dianalisis menggunakan surface strategy taxonomy. Ditemukan 20 kesalahan penghilangan, 0 kesalahn penambahan, 17 kesalahan pembentukan dan 3 kesalahan penempatan. Berdasarkan penemuan dalam penelitian ini beberapa saran diberikan kepada guru bahasa Inggris bahwa guru harus lebih memperhatikan kesalahan yang dilakukan oleh siswa sehingga menjelaskan dan membenarkan kesalahan siswa dalam penulisan bahasa Inggris. Untuk siswa mereka dapat belajar untuk meningkatkan kosa kata. Cara tersebut akan mengurangi kesalahan siswa ketika menulis dalam bahasa inggris. Siswa dapat mencari lebih banyak referensi dalam belajar bahasa inggris melalui beberpa media seperti buku, internet, majalah dan lain-lain. Untuk menambah kosa kata, siswa dapat membuat catatan kecil untuk memudahkan mengingat kosa-kata.
This purpose of this study is to describe and classify the types of errors in descriptive text. This was conducted in SMP Negeri 2 Sei Menggaris in the academic year of 2020/2021. The subjects were the students of eight grade, with 22 students. This employed mixed methods. The data were collected through written text, of which results were than analyzed using a surface strategy taxonomy. The result showed that there were 40 errors which were analyzed using the surface strategy taxonomy. Among the errors, there are omission errors (20) formation errors (17) placement errors (3) no addition errors identified. It is suggested for the teachers to pay more attention to the mistakes identified here and to give more portions in explaining the corresponding. For students, they need to improve their vocabulary. This is to reduce the errors in writing. They should read more references like books, magazines, the internet learning source. They can make small note of words list to improve their vocabularies mastery.