
Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Di Pasar Tradisional Tenguyun Kota Tarakan
Pengarang : Lailaturohmah Widiyawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Saat Ini Kesadaran Masyarakat Terhadap Pola Makan Yang Sehat Tercermin Dari Makin Banyaknya Pilihan Dalam Mengonsumsi Makanan Sehat, Pola Perilaku Hidup Sehat Dengan Mengkonsumsi Sayuran Kini Menjadi Tren Baru Masyarakat. Seiring Berjalannya Waktu, Makanan Yang Alami, Bersih Dan Baik Untuk Kesehatan Menjadi Sangat Penting Untuk Di Konsumsi. Konsumen Memiliki Keragaman Yang Menarik Untuk Dipelajari Karena Ia Meliputi Seluruh Individu Dari Berbagai Usia, Latar Belakang Budaya, Pendidikan, Dan Keadaan Sosial Ekonomi Lainnya. Oleh Karena Itu, Sangatlah Penting Untuk Mempelajari Bagaimana Konsumen Berperilaku Karena Sikap Konsumen Menjadi Faktor Yang Kuat Untuk Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Terhadap Barang Atau Jasa. Tujuan Dari Penelitian Ini Ada 2 Yaitu Mengetahui Karakteristik Dan Perilaku Konsumen Dalam Membeli Sayuran Segar Di Pasar Tenguyun Kota Tarakan. Dalam Penelitian Ini Dilakukan Dengan Pendekatan Accidental Sample Dengan Responden Berjumlah 30 Orang . Metode Analisis Yang Digunakan Analisis Deskriptif Yang Digunakan Untuk Menjelaskan Karakteristik Konsumen Dan Analisis Distribusi Frekuensi Untuk Menjelaskan Perilaku Konsumen. Hasil Dari Penelitian Ini Ialah Karekteristik Konsumen Yang Berbelanja Di Pasar Tenguyun Sebagian Besar Ialah Perempuan Dengan Pekerjaan Sebagai IRT Dengan Usia 20 Tahun Sampai 58 Tahun Dengan Tingkat Pedidikan SMP (Sekolah Menengah Pertama) Dengan Pendapatan Dari Rp.500.000 Sampai Rp.5.000.000. Perilaku Konsumen Sayuran Segar Di Pasar Tenguyun, Berdasarkan Jenis Sayuran Yang Sering Dikomsumsi Konsumen Ialah Jenis Sayuran Daun Dengan Persentase Terbesar Ialah Sayur Bayam Dan Frekuensi Pembelian Konsumen Ialah Setiap Hari. Sarannya Untuk Pengelola Pasar Tenguyun Kota Tarakan Diharapkan Dapat Meningkatkan Lagi Kualitas, Kuantitas, Kenyamanan Dan Kebersihan Pasar Agar Konsumen Lebih Nyaman Dan Akan Terus Berbelanja Di Pasar Tenguyun Kota Tarakan.
Now Public Awareness Of Healthy Eating Patterns Is Reflected In The Increasing Number Of Choices In Consuming Healthy Foods, The Behavior Patterns Of The Healthy Life As Well As Consume Vegetables Becomes A Trend New The Community. Through The Passing Of Time, Natural Food, Clean And Good To Health Becomes Very Important For Consumption. Consumers Have A Variety Of Interesting To Learn Because It Covers All Individuals Of Various Ages, Cultural Background, Education, And Socio-Economic Conditions. Therefore It Is Very Important To Study How Consumers Behave Because Consumer Attitudes Are A Strong Factor In Influencing Consumer Behavior In Purchasing Goods Or Services. The Purpose Of This Study Is Twofold, Namely To Know The Characteristics And Behavior Of Consumers In Buying Fresh Vegetables In The Market Tenguyun In City Tarakan. In This Study Carried Out By Approach Accident Sample With Respondents 30 People. The Analytical Method Used Is Descriptive Analysis That Is Used To Explain Consumer Behavior. The Results Of This Study Are Characteristics Of Consumers Who Shop At Tenguyun Market Are Mostly Women With Jobs As IRT Aged 20 Years To 58 Years With A Junior High School Education Level With An Income Of Rp.500,000 To Rp.5,000,000. Consumer Behavior Of Fresh Vegetables At Tenguyun Market, Based On The Type Of Vegetables That Consumers Often Consume Is The Type Of Leaf Vegetables With The Largest Percentage Is Spinach And The Frequency Of Consumer Purchases Is Every Day. His Advice To The Tarakan City Market Manager Tenguyun Is Expected To Be Able To Improve The Quality, Quantity, Comfort And Cleanliness Of The Market So That Consumers Are More Comfortable And Will Continue To Shop At The Tarakan City Tenguyun Market.