Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Pilus Rumput Laut (Seaweed) Di Kota Tarakan (Studi Kasus Di UMKM Ar Raihan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Pilus Rumput Laut (Seaweed) Di Kota Tarakan (Studi Kasus Di UMKM Ar Raihan)

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Pilus Rumput Laut (Seaweed) Di Kota Tarakan (Studi Kasus Di UMKM Ar Raihan)

Pengarang : Roni Sianturi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Latar Belakang Untuk Mengolah Rumput Laut Menjadi Bahan Makanan Siap Konsumsi Bahan Baku Untuk Mengeloh Pilus Rumput Laut Yang Terlalu Tinggi Dan Aroma Yang Kurang Mencolok Membuat Konsumen Kurang Tertarik Dalam Melakukan Pembelian. Tujuan Penelitian Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Produk Pilus Rumput Laut Di UMKM Ar Raihan Dan Untuk Mengetahui Faktor Apakah Yang Paling Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Permintaan Produk Pilus Rumput Laut Di UMKM Ar Raihan. Analisis Yang Digunakan Adalah Regresi Linier Berganda Dengan Menggunakan Alat Bantu Aplikasi SPSS. Hasil Yang Diperoleh Perilaku Konsumen Yang Terdiri Dari Faktor Sosial, Faktor Psikologi Dan Faktor Pribadi Faktor Yang Berpengaruh Adalah Faktor Pribadi Karena Didapatkan Nilai Sig 0.000 Dibandingkan 0.000 < 0.05 Ini Mengartikan Bahwa Variabel Pribadi Mempengaruhi Prilaku Konsumen Terhadap Permintaan Olahan Pilus Rumput Laut Di UMKM Ar Raihan. Kesimpulan Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan Peramaan Regrasi Linier Berganda Y= -0.041 + 0.147 X1 + 0.248 X2 + 0.621 X3 + E Sedangkan Uji F Menunjukan Bahwa Permintaan Produk Pilus Rumput Laut Signifikan 0,000 < 0,05 Maka Ho Ditolak Dan Ha Diterima, Dapat Diartikan Bahwa Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Dan Faktor Psikologi Berpengaruh Signifikan Secara Simultan Terhadap Pembelian Produk Pilus Rumput Laut. Pembelian Produk Pilus Rumput Laut Sebesar R² 51,40%, Sedangkan Sisanya Sebasar 48,60% Dipengaruhi Oleh Faktor Lain Yang Tidak Termasuk Dalam Analisis Ini. Berdasarkan Uji T Faktor Yang Paling Mempengaruhi Permintaan Produk Pilus Olahan Rumput Laut Yaitu Variabel Pribadi (0,000 < 0,05). Peneliti Menyarankan Agar UMKM Ar Raihan Melakukan Divertifikasi Produk Yaitu Membuat Produk Pilus Rumput Laut Dengan Varian Rasa Yang Lain, Bagi Mahasiswa Yang Akan Melanjutkan Penelitian Ini Agar Meneliti Mengenai Produk Dari UMKM Ar Raihan Lebih Banyak Lagi, Dikarenakan Dalam Penelitian Ini Hanya Satu Produk Yang Diteliti.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Pembelian, Dan Pilus Rumput

The Background For Processing Seaweed Into Food Ingredients Ready For Consumption Of Raw Materials To Overwrite The Pilus Seaweed Which Is Too High And The Aroma Is Less Striking Make Consumers Less Interested In Making Purchases. The Research Objective Was To Determine The Factors That Influence Consumer Behavior Towards The Purchase Of Seaweed Pilus Products At Ar Raihan MSMEs And To Find Out What Factors Most Influence Consumer Behavior Towards The Demand For Seaweed Pilus Products In Ar Raihan MSMEs. The Analysis Used Is Multiple Linear Regression Using The SPSS Application Tool. The Results Obtained By Consumer Behavior Consisting Of Social Factors, Psychological Factors And Personal Factors Influencing Factors Are Personal Factors Because The Value Of Sig 0.000 Compared To 0.000 < 0.05 Means That The Personal Variables Affect Consumer Behavior Towards The Demand For Processed Seaweed Pilus In The Ar Raihan UMKM. Conclusions Based On The Results Of The Study Can Be Concluded That The Multiple Linear Regression Equation Y= -0.041 + 0.147 X1 + 0.248 X2 + 0.621 X3 + E, While The F Test Shows That The Demand For Seaweed Pilus Products Is Significant 0,000 < 0.05 So Ho Is Rejected And Ha Is Accepted, Can It Means That Social Factors, Personal Factors, And Psychological Factors Have A Significant Effect Simultaneously On The Purchase Of Seaweed Pilus Products. The Purchase Of Seaweed Pilus Products Is R² 51.40%, While The Remaining 48.60% Is Influenced By Other Factors Not Included In This Analysis. Based On The T-Test The Factors That Most Influence The Demand For Seaweed-Processed Pilus Products Are Private Variables (0,000 < 0,05). The Researcher Suggested That Ar Raihan MSMEs Do Product Diversification, Namely Making Seaweed Pilus Products With Other Flavors, For Students Who Would Continue This Study To Research More About Ar Raihan's MSME Products, Because Only One Product Was Studied In This Study. Keywords: Consumer Behavior, Purchasing, And Pilus Grass

Detail Informasi