Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Minyak Kayu Putih (Melaleuca leucadendron linn.) Cap Burung Kenawai Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Minyak Kayu Putih (Melaleuca leucadendron linn.) Cap Burung Kenawai Di Kota Tarakan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Minyak Kayu Putih (Melaleuca leucadendron linn.) Cap Burung Kenawai Di Kota Tarakan

Pengarang : Angga Saputra Ramadani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Berbagai Produk Pertanian Saat Ini Tidak Hanya Dikonsumsi Dalam Bentuk Segar Ataupun Mentah Saja Tetapi Sudah Diolah Menjadi Berbagai Produk Olahan Makanan Maupun Industri Lainnya. Salah Satu Industri Yang Memiliki Peluang Dan Pengembangan Yang Cukup Besar Adalah Minyak Atsiri Jenis Kayu Putih. Kayu Putih Sebagai Salah Satu Komoditas Hasil Hutan Bukan Kayu Memiliki Potensi Yang Cukup Menjanjikan. Tujuan Penelitian: 1. Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Di Kota Tarakan 2. Untuk Mengetahui Faktor Apakah Yang Paling Berpengaruh Terhadap Permintaan Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Di Kota Tarakan. Metode Analisis Yang Digunakan Adalah Regresi Linier Berganda Dengan Menggunakan Alat Bantu Aplikasi SPSS. Hasil Yang Diperoleh Persamaan Regresi Linier Berganda Y=21.206-0.001X1+0.00002244X2+0.001X30.00007667X4+0.0000001002X5+E. Adjusted R Square (R²) Sebesar 0,753 Artinya 75,3% Permintaan Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai (Y) Dapat Dijelaskan Oleh Variabel Independen. Adapun Permintaan Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Yang Terdiri Dari Faktor Harga Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai, Faktor Harga Produk Minyak Kayu Putih Cap Lang, Faktor Harga Produk Balsem, Faktor Harga Produk Antangin Dan Faktor Jumlah Pendapatan, Faktor Yang Berpengaruh Adalah Faktor Harga Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Karena Didapatkan Nilai Sig 0.000 (0.000 < 0.05) Ini Mengartikan Bahwa Variabel Harga Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Mempengaruhi Permintaan Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Di Kota Tarakan. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan. Untuk Uji F Menunjukan Bahwa Permintaan Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Signifikan 0,000 < 0,05 Maka H0 Ditolak Dan Ha Diterima. Dapat Diartikan Bahwa Faktor Harga Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai, Faktor Harga Produk Minyak Kayu Putih Cap Lang, Faktor Harga Produk Balsem, Faktor Harga Produk Antangin Dan Faktor Jumlah Pendapatan Berpengaruh Signifikan Secara Simultan Terhadap Permintaan Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai, Uji T Faktor Yang Paling Mempengaruhi Permintaan Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Yaitu Variabel Harga Produk Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai (0,000 < 0,05). Saran: 1. Penulis Berharap Sekiranya Pihak Produsen Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Agar Mengevaluasi Perkembangan Industri Minyak Kayu Putih Tersebut Baik Dari Segi Harga, Kemasan Serta Kuantitas Produk Agar Dapat Bersaing Dipasaran. 2. Dengan Adanya Penelitian Ini Diharapkan Pihak UPT KPHL Selaku Produsen Dalam Industri Minyak Kayu Putih Cap Burung Kenawai Agar Dapat Mempromosikan Produk Di Sejumlah Surat Kabar Atau Media Elektronik Lainnya, Agar Dapat Meningkatkan Daya Tarik Konsumen Dan Juga Meningkatkan Pendapatan Bagi Pelaku Usaha.
Kata kunci: Faktor Permintaan, Minyak Kayu Putih, Permintaan

Today's Various Agricultural Products Are Not Only Consumed In Fresh Or Raw Forms But Have Been Processed Into Various Processed Food Products And Other Industries. One Industry That Has A Considerable Opportunity And Development Is Eucalyptus Essential Oil. Eucalyptus As One Of The Non-Timber Forest Products Commodities Has A Promising Potential. Research Objectives: 1. To Determine The Factors That Influence The Demand For Eucalyptus Oil Kenawai Bird Cap In Tarakan City 2. To Find Out What Factors Are Most Influential On The Demand For Eucalyptus Oil Kenawai Bird Cap In Tarakan City. The Analytical Method Used Is Multiple Linear Regression Using The SPSS Application Tool. The Results Obtained By Multiple Linear Regression Equations Y = 21.206-0.001X1 + 0.00002244X2 + 0.001X3-0.00007667X4 + 0.0000001002X5 + E. Adjusted R Square (R²) Of 0.753 Means That 75.3% Of The Demand For Eucalyptus Oil In The Kenawai Bird Cap (Y) Can Be Explained By An Independent Variable. The Demand For The Eucalyptus Oil Of The Kenawai Bird Cap Which Consists Of The Price Factor Of The Kenawai Cap Eucalyptus Oil Product, The Price Factor Of Cap Lang Eucalyptus Oil Products, The Price Factor Of The Balm Product, The Antangin Product Price Factor And The Income Factor, The Influencing Factor Is The Price Factor Kenawai Cap Eucalyptus Oil Products Because The Value Of Sig 0.000 (0.000 < 0.05) Means That The Variable Price Of Eucalyptus Oil Products For The Bird Cap Is Affecting The Demand For Eucalyptus Oil Of The Kenawai Bird Cap In Tarakan City. Based On The Results Of The Study It Can Be Concluded. For The F Test Shows That The Demand For Eucalyptus Oil Products Of The Kenawai Bird Cap Is Significant 0,000 < 0,05, Then H0 Is Rejected And Ha Is Accepted. It Can Be Interpreted That The Price Factor Of The Kenawai Cap Eucalyptus Oil Product, The Price Factor Of Cap Lang Eucalyptus Oil Products, The Price Factor Of Balm Products, The Price Factor Of Antangin Products And The Amount Of Income Simultaneously Have A Significant Effect On The Demand For The Eucalyptus Oil Product, Test T The Factors That Most Influence The Demand For Eucalyptus Oil Products For The Kenawai Bird Cap Are The Variable Price Of Eucalyptus Oil Products For The Kenawai Bird Cap (0,000 < 0,05). Suggestion: 1. The Author Hopes That If The Producer Of Eucalyptus Oil From The Kenawai Bird Cap Is To Evaluate The Development Of The Eucalyptus Oil Industry Both In Terms Of Price, Packaging And Quantity Of Products In Order To Compete In The Market. 2. With This Research, It Is Expected That The UPT KPHL As A Producer In The Eucalyptus Oil Industry Of The Kenawai Bird Cap Can Promote Products In A Number Of Newspapers Or Other Electronic Media, In Order To Increase Consumer Attractiveness And Also Increase Revenue For Businesses. Keywords: Factors Of Demand, Oil Eucalyptus, Demand

Detail Informasi