
Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras Di Pasar Gusher Kota Tarakan
Pengarang : Yuli Cristina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tingginya Permintaan Telur Ayam Dipasar Merupakan Suatu Fenomena Yang Menjadi Dasar Permasalahan Mengenai Analisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui 1) Karakteristik Konsumen Telur Ayam Ras Di Kota Tarakan, 2) Menganalisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Permintaan Telur Ayam Ras Di Kota Tarakan. Metode Analisis Yang Digunakan Pada Peneltian Ini Adalah Analisis Deskriptif Dan Analisis Regresi Linier Berganda, Dimana Variabel Y Adalah Permintaan Telur Ayam Ras, X1 Adalah Harga Telur Ayam Ras, X2 Harga Barang Lain (Tempe), X3 Pendapatan Keluarga, X4 Jumlah Anggota Keluarga Dan X5 Selera Konsumen, Adapun Pada Penelitian Ini Konsumen/Responden Ditentukan Sebanyak 50 Orang Dengan Menggunakan Metode Accidental Sampling. Hasil Penelitian Ini Menyimpulkan Bahwa 1) Terdapat 33 Orang Perempuan Dan 17 Orang Laki-Laki, Dimana Sebagian Besar Konsumen Tersebut Memiliki Usia Rata-Rata Diatas 31 Tahun Dan Mayoritas Bermata Pencaharian Sebagai Karyawan Swasta Dan Ibu Rumah Tangga Serta Memiliki Rata-Rata Pendidikan SMA/Sederajad. 2) Nilai R-Square (R2) Sebesar .829 Artinya Bahwa 82,9 % Variasi Permintaan Telur Ayam Ras Dipengaruhi Oleh Variabel Bebas Yaitu Faktor Harga Telur Ayam Ras, Harga Barang Lain, Pendapatan Rumah Tangga, Jumlah Anggota Keluarga Serta Selera Konsumen, Sedangkan Sisanya 17,1 % Dijelaskan Oleh Variabel Lain Yang Tidak Diteliti Dalam Penelitian Ini. Nilai Uji F, Dengan Fhitung Sebesar 42.766 Maka ( Fhitung =42.766 > Ftabel) Dengan Nilai Signifikansi 0.00. Artinya Secara Serempak Variabel Bebas Yaitu Harga Telur Ayam Ras, Harga Barang Lain, Pendapatan Rumah Tangga, Jumlah Anggota Keluarga Serta Selera Konsumen Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Permintaan Telur Ayam Ras Di Kota Tarakan. Adapun Secara Uji T Dapat Disimpulakan Bahwa Faktor Harga Telur Ayam Ras, Faktor Pendapatan Keluarga, Faktor Jumlah Anggota Rumah Tangga Dan Faktor Selera Konsumen Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Permintaan Telur Ayam Ras Di Kota Tarakan. Sedangkan Harga Barang Lain (Tempe) Tidak Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap Permintaan Telur Ayam Ras Di Kota Tarakan. Saran Dari Hasil Penelitian Ini Yaitu Diharapkan Bagi Pedagang Telur Ayam Ras Harus Dapat Memperhatikan Ketersediaan Telur Ayam Ras Di Pasar Dan Diharapkan Agar Pemerintah Dapat Menjaga Kestabilan Harga Eceran Telur Ayam Ras Di Pasaran.
Kata Kunci: Permintaan, Telur Ayam, Faktor-Faktor
The High Demand For Chicken Eggs In The Market Is A Phenomenon That Is The Basis Of The Problem Regarding The Analysis Of The Factors Which Influence The Demand For Chicken Eggs. This Study Has Some Purposes To Find Out, Such As: 1) Characteristics Of Consumers Of Chicken Eggs In Tarakan City, 2) Analyze The Factors That Influence The Demand For Chicken Eggs In Tarakan City. The Analytical Method Applied In This Research Is Descriptive Analysis And Multiple Linear Regression Analysis, Where Y Is The Demand For Chicken Eggs, X1 Is The Price Of Chicken Eggs, X2 Is Prices Of Other Items (Tempe), X3 Is Family Income, X4 Is Number Of Family Members And X5 Is Consumer Tastes, As For This Study Consumers / Respondents Were Determined As Many As 50 People Using The Accidental Sampling Method. The Results Of This Study Conclude That 1) There Are 33 Women And 17 Men, Where Most Of These Consumers Have An Average Age Above 31 Years Old And The Majority Earn Their Living As Private Employees And Housewives And Have An Average High School Education / Equal. 2) The Value Of RSquare (R2) Of .829 Means That 82.9% Of The Variation In Demand For Broiled Eggs Is Influenced By The Independent Variables, Namely The Price Of Chicken Eggs, Prices Of Other Items, Household Income, Family Members And Consumer Tastes, While The Remaining 17.1% Is Explained By Other Variables Not Examined In This Study. F Test Value, With F Count Of 42,766 Then (F Count = 42,766> Ftable) With A Significance Value Of 0.00. This Means That Simultaneously The Independent Variable Is The Price Of Chicken Eggs, The Price Of Other Goods, Household Income, The Number Of Family Members And Consumer Tastes Significantly Influence The Demand For Chicken Eggs In The City Of Tarakan. Meanwhile, The T Test Can Be Concluded That The Factor Of The Price Of Chicken Eggs, Family Income Factors, Factors Of The Number Of Household Members And Factors Of Consumer Tastes Significantly Influence The Demand For Chicken Eggs In The City Of Tarakan. On The Other Hand, The Price Of Other Goods (Tempe) Does Not Significantly Influence The Demand For Chicken Eggs In The City Of Tarakan. Suggestions From The Results Of This Study Are Expected That Broiler Egg Traders Should Be Able To Pay Attention To The Availability Of Chicken Eggs In The Market And It Is Expected That The Government Is Able To Maintain The Stability Of The Retail Price Of Chicken Eggs In The Market. Keywords: Demand, Chicken Egg, Factors