
The Use Of Egra Technique To Increase Students’ Writing Skill Of Class Viii B At SMP Mulawarman Tarakan Academic Year 2011/2012
Pengarang : Agisia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah penggunaan teknik EGRA dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan. Hasil penelitian ini menunjukkan skor rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus pertama adalah 60,32 atau 10 (40%) siswa yang sukses sedangkan pada siklus kedua adalah 71,32 atau 20 (75%) siswa yang sukses dari 25 siswa. Angka ini menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan setelah menjalani proses pengajaran dengan menggunakan teknik EGRA pada siklus pertama dan kedua. Hasil dari tes pada siklus pertama mengalami peningkatan pada siklus kedua dan hasil tersebut lebih besar daripada nilai criteria ketuntasan minimal (KKM:70). Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa teknik EGRA dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII B SMP Mulawarman Tarakan tahun ajaran 2011/2012.
The objective of the research was to find out whether the use of EGRA technique can increase the eighth year students’ in writing skill of SMP Mulawarman Tarakan. The result of this research showed that the mean score gained by the students in the first cycle was 60.32 or 10 students got the succeeded level while in the second cycle was 71.32 or 20 students got succeeded level from 25 students. This rate showed that the students got improved after leading the process of the implementation of EGRA technique in the first and the second cycle. The result of the test in the first cycle increased in the second cycle and it was greater than the minimum pass criteria (70.00). The study concluded that the use of EGRA technique can increase the writing skill of Class VIII B at SMP can be Mulawarman Tarakan, academic year 2011/2012.