Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung (Media Alam) Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung (Media Alam)  Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan

Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung (Media Alam) Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan

Pengarang : Susanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk untuk memperoleh fakta secara nyata mengenai pencapaian hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis puisi dengan teknik pengamatan objek langsung (media alam) siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakanpembelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilakukan yang dilaksanakan mulai bulanOktober2011 sampai dengan Mei 2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian mengenai fakta-fakta yang ingin diketahui dengan menggunakan data berupa angka dan menggambarkan pencapaian hasil belajar siswa apa adanya dan memusatkan perhatian pada aspek keterampilan menulis dalamkemampuan menulis puisi dengan teknik pengamatan objek langsung (media alam) sebagai media pembelajarannya. Sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini,adalah sebanyak 49 orang siswa dan penelitian ini merupakan penelitian populasi. Berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa hasil pencapaian belajar siswa dalam kemampuan menulis puisi dengan teknik pengamatan objek langsung (media alam)adalah cukup. Hal ini ditujukkan dengan perolehan nilai rata-rata menulis puisi dengan teknik pengamatan objek langsung (media alam) siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan menggambarkan bahwa sebagian besar responden yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 8 Tarakan tahun pembelajaran 2010/2011 mampu menulis puisi dengan perolehan nilai rata-rata 60 pada kriteria cukup baik. Hal ini ditunjukkan oleh persentase pemerolehan 60% dengan bobot C . Sementara itu berdasarkan pengelompokkan perhitungan berdasarkan indikator yang diamati pada umunya kemampuan responden cukup bervariasi. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata per tiap indikatornya adalah untuk indikator pertama perolehan rata-rata 54,2, untuk indikator kedua perolehan rata-rata 57,1, untuk indikator ketiga perolehan rata-rata 56,7, untuk indikator keempat perolehan rata-rata 62,4,untuk indikator kelima perolehan rata-rata 66,1, untuk indikator keenam perolehan ratarata 48,1, dan untuk indikator ketujuh perolehan rata-rata 54,6. Adapun hasil pencapaian kemampuan responden berdasarkan indikator pertama sampai indikator ketujuh menunjukkan bahwa untuk indikator kelima (citraan dalam puisi) adalah perolehan nilai rata-rata sebesar 66,1, sementara itu untuk indikator keenam (rima dalam puisi) mendapatkan perolehan nilai rata-rata 48,1. Sedangkan pengelompokkan berdasarkan jumlah perolehan skor yang diperoleh responden untuk indikator pertama sampai indikator ketujuh adalah sebanyak 974 mendapatkan persentase sebesar 57.

The purpose of this research for getting the real facts about student achievement in the ability to write poetry with the direct object of observation techniques (natural medium) class VII SMP Negeri 8 Tarakanpembelajaran 2010/2011. The study was conducted from bulanOktober2011 held until May 2012. This research is descriptive quantitative research is the study of facts to be determined by using data such as numbers and describe student achievement as it is and focus on the aspects of writing skills dalamkemampuan write poetry with the direct object of observation techniques (natural medium) as media learning. According to the needs in this study, as many as 49 people are students and this study is a population study. Based on the formulation of the problem of the research and discussion, it was concluded that student achievement results in the ability to write poetry with the direct object of observation techniques (natural medium) is sufficient. This ditujukkan with average grades write poetry with the direct object of observation techniques (natural medium) class VII SMP Negeri 8 Tarakan illustrates that most respondents are students of class VII Junior High School 8 years learning Tarakan 2010/2011 be able to write poetry with the acquisition average value of 60 in the criteria quite well. This is indicated by the percentage of acquiring 60% of the weight of C. While it is based on grouping calculations based indicators observed in general the ability of respondents varies. This is shown by the average achieved by each indicator is the first acquisition for indicator 54.2 average, for both acquisition indicator 57.1 average, for the three indicators of average achieved 56.7, for the acquisition of the four indicators of average 62.4 average, for the five indicators of average achieved 66.1, for the acquisition of the six indicators on average 48.1, and for the seven indicators of average achieved 54.6. The results of the achievement of the first indicators of the ability of respondents to the seventh indicator shows that for the five indicators (images in the poem) is the average grades of 66.1, while that for the sixth indicator (rhyme in poetry) getting average grades 48, 1. While the grouping based on the amount of gain scores obtained respondents to the first indicator to indicator as much as 974 seventh is getting a percentage of 57.

Detail Informasi