Need Analysis On Supplementary Material Of Speaking Skill For Guidance And Counseling Students At Borneo University Of Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Need Analysis On Supplementary Material Of Speaking Skill For Guidance And Counseling  Students At Borneo University Of Tarakan

Need Analysis On Supplementary Material Of Speaking Skill For Guidance And Counseling Students At Borneo University Of Tarakan

Pengarang : Siti Annisa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan materi tambahan pada mata kuliah Bahasa Inggris khususnya pada aspek speaking. Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2010 yang pada waktu penelitian ini berlangsung mereka pada semester 2 jurusan Bimbingan Konseling Universitas Borneo Tarakan. Jumlah mahasiswa yang menjadi responden dalam penelitian ini berjumlah 34 mahasiswa dari 38 mahasiswa karena 1 mahasiswa dinyatakan tidak aktif dan 3 orang mahasiswa tidak dapat ditemui selama penelitin berlangsung. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, peneliti memberikan kuesioner kepada mahasiwa dan dosen pengampu mata kuliah yang bersangkutan. Dari hasil kuesioner tadi, peneliti menganalisa dengan cara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Bibingan Konseling membutuhkan tambahan materi yang bisa memicu motivasi belajar mereka dalam berbicara bahasa inggris. Berdasarkan hasil tersebut diatas, maka disimpulkan bahwa mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling membutuhkan materi tambahan yang sesuai dengan kondisi dan metode yang cocok buat mereka. Analisis kebutuhan materi tambahan ini bisa dilanjutkan oleh peneliti selanjutnya untuk dibuatkan materi tambahan yang sesuia dengan data yang disediakan oleh peneliti.

The study is aimed to describe on supplementary material of speaking skill for guidance and counseling department The responden of this research is students of Guidance and Counseling at Borneo University of Tarakan grade 2010 that they were in second semester when this research done. The total of respondent is 34 from 38 students because there was 1 student not active and there were 3 students could not meet when this research done. Beside that there was 1 English lecture as respondent. To get the data, the researcher gave the questionnaires for students and English lecure. Finally the data was analyzed with descriptive. The results of the study show that the students of guidance and counseling need supplementary material of speaking skill to improve their speaking skill. Based on those results, it is concluded that in this study the student need supplementary material that suitable with their condition and comfortable method for them. This need analysis can be continued by the next researcher to make supplementary material for students of guidance and counseling.

Detail Informasi