The Problems Faced By The English Teacher In Conducting The Evaluation At SMP Mulawarman Tarakan On The Seventh Grade Of Academic Year 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Problems Faced By The English  Teacher In Conducting The Evaluation At SMP Mulawarman Tarakan On The Seventh Grade Of Academic Year 2011/2012

The Problems Faced By The English Teacher In Conducting The Evaluation At SMP Mulawarman Tarakan On The Seventh Grade Of Academic Year 2011/2012

Pengarang : M. Hijriansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan permasalahan – permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan kegiatan evaluasi belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana subjek dari penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMP Mulawarman Tarakan yang mengajar dikelas Tujuh tahun pembelajaran 2011/2012. Sekolah ini berlokasi di jalan Seroja No. 31 kelurahan Karang Anyar Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner. Wawancara ditujukan kepada guru untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan kegiatan evaluasi belajar mengajar. Sementara kuisioner ditujukan kepada 20 siswa sebagai data pendukung dan mengkonfirmasi data yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan kegiatan evaluasi belajar mengajar. Diantaranya : Pertama, berkaitan dengan tipe evaluasi belajar mengajar yang digunakan, guru menghadapi masalah dalam menentukan test yang tepat untuk menguji kemampuan siswa, dan guru juga mengalami kesulitan dalam membuat pertanyaan – pertanyaan yang akan diujikan pada UTS dan UAS. Kedua, berkaitan dengan teknik evaluasi yang digunakan, guru lebih sering menggunakan tes tertulis dan penugasan dibandingkan dengan praktek. Selain itu kadang – kadang penggunaan teknik evaluasi tidak sesuai dengan skills yang akan diujikan. Ketiga, berkaitan dengan bentuk evaluasi, guru menghadapi masalah dalam menentukan alokasi waktu untuk menguji kemampuan siswa. Keempat, berkaitan dengan instrument evaluasi, permasalahan yang dihadapi oleh guru adalah referensi untuk membuat soal terbatas Kelima, dalam memberikan nilai kepada siswa, guru sulit memberikan nilai kepada siswa dikarenakan beberapa siswa ada yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan. Selain itu dalam memberikan ujian praktek, banyak siswa yang tidak serius, merasa malu dan takut untuk berbicara. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan kegiatan evaluasi dalam proses belajar mengajar.

The purpose of this research was to describe some teaching problems faced by the English teacher in conducting the evaluation This research used descriptive qualitative. The research was conducted at SMP Mulawarman Tarakan located in jalan Seroja No. 31 kelurahan Karang Anyar, Tarakan on July 2012. The research focused on the English teacher who taught on the seventh grade of academic year 2011/2012. The research instruments used in collecting the data were interview and questionnaire. The interview consist of several questions showed the teacher’ respond related with the problems faced by the English teacher in conducting the evaluation. Meanwhile the questionnaire was distributed to the students as supporting data and confirmed the data taken from the interview. The result showed that there are many problems faced by the English teacher in conducting the evaluation, such as : Firsly, related with the types of evaluation, the teacher didn’t make the schedule for the test and the teacher difficult in determining the suitable test refers to the students’ ability and making the questions for summative and final test. Secondly, related with the techniques of evaluation, the teacher often used written test and assignment than practice and sometime the techniques of evaluation used by the teacher not relevant with the aspect skills evaluated. Thirdly, related with the forms of evaluation, the teacher difficult in determining the time allocated for each forms of test in conducting the evaluation. Fourthly, related with the instruments of evaluation, the literatures in making the instruments were limited. The last, the teacher difficult in giving the final score to the students because many of students didn’t collected their assignment and also in practice test, some students didn’t seriously. They felt shy and scare to speak up. Based on the explanation above, it concluded that there were some problems faced by the English teacher in conducting the evaluation.

Detail Informasi