
Improving The Students’ Speaking Skill Through Audio Lingual Method Of Tenth Grade Tourism Department At SMK Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Hapsah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam berbicara menggunakan metode audio lingual.Sesuai dengan tujuan dari penelitian, maka metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 10 Jurusan Pariwisata SMK Negeri 1 Tarakan tahun ajaran 2011/2012.Dimana, ada 34 siswa sebagai sampelnya.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada bulan April sampai bulan Mei 2012.Di dalam penelitian ini peneliti sebagai guru mengajarkan berbicara yang berhubungan dengan berdialog dengan mendengarkan melalui kaset. Dari hasil observasi, data ditemukan selama tindakan, siswa sudah menunjukkan peningkatan merekan seperti mereka bisa memahami script dari dialog dengan baik, metode audio lingual dapat memotivasi siswa untuk lebih active bertanya pada guru bagaiman penyebutan yang benar. Peneliti menggunakan 2 siklus dari penelitian tindakan. Hasil dari tindakan menunjukkan bahwa setelah peneliti melakukan tindakan, prestasi siswa dalam berdialog meningkat sebagaimana yang ditunjukkan pada hasil kedua observasi Criteria keberhasilan pada penelitian ini berdasarkan pada KKM disekolah yang sudah ditentukan, yaitu 70 dan penelitian ini berhasil apabila di dalam kelas ada 70% siswa sudah lulus dalam pelajaran tersebut. Berdasarkan hasil tes lisan pada siklus 1 ditemukan bahwa ada 19 siswa berhasil dari 33 siswa atau 57% dari 70% criteria kelulusan. Di siklus 2 peeliti menemukan bahwa 27 siswa telah sukses dari 33 siswa atau 88% siswa lulus dalam dalam tes lisan. Ini berari siswa bisa melewati KKM di siklus 2.Ini bisa menyatakan bahwa metode audio lingual bisa meningkatkan prestasi berbicara siswa pada kelas 10 jurusan pariwisata di SMK Negeri 1 Tarakan.
The objective of this research was improved the students’ achievement in speaking skill through audio lingual method. Related to the objective of the research, the research method which used in this study was classroom action research. The subject of the study was the students of tenth grade tourism department of SMK Negeri 1 Tarakan in the academic year 2011/2012. There were 34 students as the sample. The classroom action research (CAR) was conducted from April to Mei 2012. In this research, the researcher as a teacher taught Speaking by listen cassette disc From the observation, the data was found that during the action, the students have shown their improvement such as they are able to comprehend the script of the dialogues well, the audio lingual method can be motivated the students to more actively ask to the teacher how to correct pronounce. The researcher conducted two cycles of action. The result of the action showed that after the researcher conducted the actions, the students’ achievement in speaking improved as shown in the result of both the observations. The criteria of success of this research based on the on the minimum score of school that have been determined, it was 70 and the research would be success if in the class there are 70% of students have passed in learning. Based on the speaking test in the cycle 1 the researcher found that was 19 students succeeded from 33 students or 57% from 70% of criteria of success. In the cycle two the researcher found that was 27 students succeeded from 33 students or 88% students succeeded in the speaking test. Its mean the students can pass the criteria of success in the cycle two. It can be revealed that audio lingual method can be improved the students’ speaking skill of tenth grade tourism department at SMK Negeri 1 Tarakan.