
The Levels Of English Grammar And Vocabulary Mastery Of SMA Leavers In Bulungan Regerency
Pengarang : Herawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan tingkat pemahaman terhadap tata bahasa dan kosa kata oleh siswa lulusan SMA di Kabupaten Bulungan. (2) mengetahui apakah ada hubungan antara mendengarkan dan tata bahasa oleh siswa lulusan SMA di Kabupaten Bulungan. Penelitian ini dilaksanakan di lantai 7 gedung rektorat Universitas Borneo Tarakan pada tanggal 16 juni 2012. Sample diambil sebanyak 30 respondents dari siswa lulusan SMA yang melanjutkan pendidikan ke universitas-universitas yang ada di Tarakan, dengan menggunakan cara random sampling. Untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap tata bahasa dan kosa kata, peneliti menggunakan tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Penilaian menggunakan rubik penilaian oleh Departemen Pendidikan Nasional (KTSP 2006). Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan program SPSS 16 untuk windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, tingkat pemahaman siswa terhadap mendengarkan dan tata bahasa adalah rendah. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata siswa adalah 32.00 dan 30.53. Kedua, koefisien korelasi antara tata bahasa dan kosa kata adalah 0.285. hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variable tersebut.
The objectives of the study are: (1) to determine the levels of English grammar and vocabulary comprehension of Senior High School graduated in Bulungan Regerency. (2) to investigate the correlation between English grammar and vocabulary comprehension of senior high school graduated In Bulungan regency. This study was held in 7 th floor of Borneo University Rektorat at 16 th June 2012. The sample of this study is 30 students of Senior High School graduate who continue their study universities in Bulungan city. It is taken by using random sampling technique. To determine the level of grammar and vocabulary comprehension, they were given a writing text, it is multiple choices. That is scored by using department of National Education scoring criteria. Finally, the data was analyzed by using statistical package for social science (SPSS) 16.00 for windows. The result of the study showed that: first, the students’ level of grammar and vocabulary comprehension is poor. It is supported by the mean score of the students is 32.00 and 30.53. Second, the coefficient correlation between grammar and vocabulary score was 0.285. This result indicated that there is not significant correlation between those variable.