
The Effect Of Animation Movies To The Writing Skill On Descriptive Paragraph At The Eight Grade Students Of SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Wiliah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis paragrap deskripsi siswa yang telah diajarkan dengan animasi dan yang diajarkan tanpa menggunakan animasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP N 5 Tarakan tahun ajaran 2011/2012. Terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-6 dan VIII-7 yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random Sampling. Untuk mengukur kemampuan menulis paragrap deskripsi siswa, peneliti menggunakan tes menulis yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan uji beda (t-test) dibantu dengan menggunakan SPSS 13.0 for window. Hasil perhitungan dengan menggunakan t-test di SPSS 13.0 formulasi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 2,64. Ini berarti bahwa uji t-test lebih tinggi dari t-tabel. Derajat kebebasan (df) ditentukan dengan ukuran sampel yang terlibat bahwa N - 2 = 52. Untuk derajat kebebasan dan 5% (0,05) tingkat signifikansi adalah 2,009, ini menunjukkan bahwa t-test lebih tinggi dari nilai ttabel pada 5% atau 2,64 > 2,009. Hal ini berarti bahwa hasil dari kegiatan mengajar dengan menggunakan animasi lebih tinggi dari pada tanpa menggunakan animasi. Akhirnya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis paragrap deskripsi siswa yang diajarkan dengan menggunakan animasi lebih baik dari pada tanpa menggunakan animasi.
The objectives of this research was to find out the significant difference in writing descriptive paragraph between the students who are taught by using animation and those who are taught without using animation. The population of this research was the eight grade students of SMPN 5 Tarakan in 2011/2012 academic year. It consisted of seven classes. The sample of this research consisted of two classes of VIII-6 and VIII-7, they were taken by using cluster random sampling. To know the the student's descriptive paragraph writing skill, the researcher used writing test which administered pretest and posttest. To analyze the data, the researcher used the test of difference (t-test) aided by Statistical Package for the Social Science (SPSS) Version 13.0. The result of computation by using t-test formulation in SPSS 13.0 between experimental class and control class is 2.64. It means that t-test is higher than t-table. The degrees of freedom (df) are determined by the size of the sample involved that as N – 2 = 52. For the degrees of freedom and 5% (0.05) level of significance are 2.009, indicated that the t-test is higher than the value of t-table at 5% or 2.64 > 2.009. it means that the result of teaching with using animation is higher than without using animation. Finally, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This research concludes that there is significant difference between students who were taught by using animation was better than students who were taught without using animation.