
The Effect Of Skimming Technique To Improve The Reading Ability In Getting Main Ideas Of The Second Year Students At SMP Negeri 4 Tarakan Academic Year 2011/2012
Pengarang : Rislam - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada efek yang signifikan dari penggunaan skimming technique dan tanpa menggunakan skimming technique dalam menentukan main ideas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Tarakan. Sample diambil sebanyak 2 kelas (68 siswa) dari delapan kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan pada tahun ajaran 2011/2012, dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Untuk mengukur nilai siswa, mereka diberikan tes membaca. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji beda yaitu t-test for independent sample berbantuan program SPSS 13.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan siswa yang menggunakan skimming tecnique dan tanpa menggunakan skimming technique. Data menunjukkan bahwa nilai t-hitung adalah lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 5 persen (6,95 > 2,00). Ini berarti bahwa hasil dari kempuan siswa dalam menentukan ide utama dengan menggunakan skimming technique lebih baik daripada tanpa menggunakan skimming technique. Akhirnya, hipotesis nol (Ho) di tolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa pada penelitian ini teknik terbaik yang digunakan dalam menentukan ide utama adalah mengajar dengan menggunakan skimming technique.
This study aimed at determining whether there is any significant difference effect of the use of skimming technique in improving the students' ability in getting main ideas. This research was carried out in SMP Negeri 4 Tarakan. The sample of this study consisted of 2 classes (68 students) from eight classes of the second year students of SMP Negeri 4 Tarakan academic year 2011/2012, taken by using cluster random sampling technique. To know the students scores, they were given a reading test. Finally, the data was analyzed with the t-test for independent sample by using Statistical Package for Social Science (SPSS) 13.0 for windows. The results of the study showed that there is any significant difference between students' scores taught by using skimming technique and without using skimming technique. The data analysis indicated that the t-computed is higher than the value of t-table at 5% on (6.95 > 2.00). It means that the result students' ability in getting main ideas using skimming technique is better than without skimming technique. Finally, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternatif hypothesis (Ha) is accepted. Based on those results, it is concluded that in this study a good technique used in getting main ideas is teaching by using skimming technique.