
The Level Of English Grammar Ability and Reading Comprehension Of Senior High School Graduates In Bulungan Regency In Academic Year 2010/2011
Pengarang : Quraini Octavia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa alumni SMA Kabupaten Bulungan dalam pemahaman akan structure/grammar dan reading serta ingin mengetahui apakah ada korelasi antara grammar dan reading. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif korelasi. Metode penelitian ini di fokuskan dalam pengamatan korelasi antara dua variabel yaitu reading dan grammar serta penggambaran rinci akan kemampuan siswa dalam pemahaman grammar dan reading. Dalam penelitian ini menggunakan TOEFL English test untuk pengumpulan datanya. Data-data penelitian diambil dari tes grammar dan reading berbentuk pilihan ganda. Jumlah sample yang mengikuti tes adalah 30 responden. Penelitian ini menggunakan teknik Stratified random sampling, dimana tiap responden tersebut merupakan alumni atau lulusan SMA Bulungan Tahun ajaran 2010/2011. Hasil dari tes tersebut di olah dengan menggunakan program komputer SPSS 11.5. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan siswa dalam memahami reading lebih baik dari pada kemampuan siswa dalam memahami grammar. Hal itu di buktikan berdasarkan nilai rata-rata reading adalah 39.6000, sedangkan nilai rata-rata grammar 30.5333. Di samping itu korelasi yang di hasilkan sangat minim. Hal ini di karenakan r-value(0.041) < r-table (0.361), maka H1 di tolak dan Ho di terima. Jadi hipotesis yang menyatakan tidak adanya korelasi antara dua variabel di terima.
The research aim is to know the levels of grammar ability and reading comprehension students graduated in Bulungan regency and to found out the any correlation between grammar and reading. This research was used descriptive quantitative correlation method. This research method focuses on observation correlation between grammar ability and reading comprehension and detailed depiction of student grammar ability and reading comprehension. This research was use TOEFL English test for to collect the data. The test was used multiple choices test. This research used stratified random sampling; here there are 30 sample of Alumni SMA Bulungan regency. Here, every respondent are graduated from SMA Bulungan Regency Academic year 2010/2011. The result of the test was used SPSS 11.5 computer program. Result of the study states that the score of reading comprehension is better than grammar ability. It can improve based on mean score of reading is 39.6000, while mean score of grammar is 30.5333. Besides that, correlation coefficient both of variables has negative linear correlation. Because r-value (0.041) < critical value of r product moment (0.361), so H1 is rejected and Ho is accepted. So the hypothesis that state of correlation between two variables is rejected.