
The Levels Of Listening Comprehension And Reading Comprehension Of Junior High School Graduates In Tarakan In Academic Year 2010/2011
Pengarang : Muhammad Yosta Novthami - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dari pemahaman menyimak dan membaca siswa dan untuk menemukan korelasi antara pemahaman menyimak dan membaca. Subjek dalam penelitian ini adalah lulusan sekolah menengah pertama di Tarakan yang berjumlah 30 responden. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk soal pilihan ganda dengan total sebanyak 50 soal. 50 soal tersebut didapatkan dari 25 soal mengenai pemahaman menyimak dan 25 soal mengenai pemahaman membaca. Untuk memperoleh hasil dari tingkatan dan korelasi antara kedua variabel, peneliti menggunakan sistem komputerisasi SPSS 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai tes pemahaman menyimak siswa dengan nilai rata-rata yaitu 30, sedangkan nilai tes pemahaman siswa dalam pemahaman membaca siswa dengan nilai rata-rata yaitu 37.33. Berdasarkan hasil nilai rata-rata tersebut, bisa disimpulkan bahwa pemahaman siswa dalam mendengarkan dan membaca menurut standar dari Kementerian Pendidikan Nasional diklasifikasikan ke dalam very poor. Peneliti juga menemukan korelasi antara pemahaman mendengarkan dan membaca siswa, berdasarkan kriteria koefisien korelasi sarwono (2006) korelasi antara kedua variabel ini sangat lemah. Kedua variabel ini memiliki hubungan perfect negative linear.
The objective of the research is to know the level of listening comprehension and reading comprehension of the student and to find out the correlation between listening comprehension and reading comprehension of the student. The test of this research was done on 16 th June 2012 in 7 floor of Rectorat Building Borneo University of Tarakan. The subject in this research is junior high school graduate in Tarakan as much as 30 respondents. To know the level of students comprehension in listening and reading comprehension used TOEFL test adopted from Baron. Besides, this research is also to find the correlation between listening comprehension and reading comprehension of the student. To get the level and correlation between both variables, the researcher was used computerisation system SPSS 16.00. Result of this research show the students mean score of listening comprehension test is 30.00, meanwhile students mean score of reading comprehension test is 37.33. Based on the mean score, can conclude that level of student comprehension in listening and reading that classified into poor classification according to standardizationof Ministry of National Education. Peneliti menemukan korelasi antara pemahaman mendengarkan dan membaca siswa, berdasarkan kriteria koefisien korelasi sarwono (2006) korelasi antara kedua variabel ini sangat lemah. Kedua variabel ini memiliki hubungan perfect negative linear. Researcher found the correlation between listening comprehension and reading comprehension of the students, based on coefficient correlation criteria of sarwono (2006) the correlation both of variables is very low correlation. Two variables has perfect negative linear correlation.