
Increasing The Students’ Reading Comprehension Through STAD Model Of Cooperative Learning At Class VII-B SMP Negeri 1 Sekatak
Pengarang : Hengki Lianto - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksananakan karena beberapa siswa di SMP N 1 Sekatak memiliki masalah dalam pemahaman membaca. Mereka menemukan kesulitan untuk memhanami teks bahasa inggris yang menyebabkan mereka malas untuk membaca teks. Sementara pengusaan kosa kata yang mereka miliki tidak mencukupi untuk mendukung aktivitas membaca. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model Pembelajaran STAD Pada Materi Reading Describtive dan Reading Procedure. Yang telah dilaksanankan melalui dua siklus. Penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh para siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Sekatak, dalam memahami teks bacaan berbahasa inggris melalui model pembelajaran STAD yang telah dilaksanankan pada semester kedua tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa program ini sangat effective dalam memcahakan masalah siswa. Pada siklus terakhir, pemahaman teks bacaan mereka meningkat melalui tes akhir siklus. Hasil tes menunjukan mereka bisa memperoleh nilai diatas nilai standar ketuntasan. Nilai rata-rata 70% atau 19 orang dari jumlah siswa, hasil tes pada siklus satu 69.2% kemudian setelah dilaksanankan siklus ke dua hasil tes siswa meningkat 23.1% sehingga menjadi 92.3%. Selama pengajaran melalui model pembelajaraan STAD Terbukti effective untuk membantu siswa meningkatkan pemahamanan mereka terhadapa tekx bacaan melalui tes tertulis. Dan membantu mengembangkan kerampilan membaca mereka. Guru yang memiliki masalah yang sama dalam mengajar bahasa inggris pada siswa yang kurang memahami teks bacaan, strategi ini bisa menjadi alternative untuk memecahkan masalah mereka.
This study was done because some students in SMP Negeri 1 Sekatak had problem in reading comprehension, they found many difficult to understand English teks that made them lazy to read the tekx. The Amounts of vocabulary they possess inadequate to support their reading activities. To overcame this problem, the classroom action research with the STAD Model to material reading describe and procedure was done that was conducted through two cycles. This research aimed at solving the problem of the students Class VII-B SMP Negeri 1 Sekatak In comprehending the English reading tekx through STAD model which is conducted at the second sementer of 2010/2011 Academic year. The result of the study provide the problem was effective to solve the students problem. In the last cycle theerr understanding through result of the tes increase. Reading tests shown that all them could pass the minimum passing grade. Mean Score 70% or 19 students had pass from twenty six student, test result of the first cycle 69.2% then after conducted the second cycle the result student test was increase 23.1% so to be 92.3 %. Since the vocabulary teaching through STAD model provide effective help to the students in increasing their understanding, and help the students to develop their reading achievement. The teacher who have the same problems that they teach English to many students whose vocabulary are inadequate; this strategy can be an alternative to solve their problem.