
The Levels Of Vocabulary Mastery And Grammar Ability Of Junior High School Graduates In Tarakan City In Academic Year 2010/2011
Pengarang : Marjhonley - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan atau menggambarkan tingkat kemampuan siswa yang telah lulus dari sekolah menengah pertama tahun ajaran 2010/2011, dan juga mengidentifikasi hubungan antara penguasaan Kosa kata dan kemampuan Tatabahasa. Populasi penelitian ini adalah lulusan SMP di kota Tarakan. Sampel penelitian ditentukan secara random purposive sebanyak 30 orang lulusan SMP di kota Tarakan yang sedang menempuh pendidikan tahun pertama di SMA. Instrument dari penelitian ini berupa seperangkat kemampuan bahasa Inggris yang berupa TOEFL yang diaopsi dari TOEFL Preparation Guide, Test of English As A Foreign Language dan terdiri atas tes penguasaan Kosa kata dan kemampuan Tata bahasa. Test ini berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 50 soal, 25 soal tentang penguasaan Kosa kata dan 25 soal tentang kemampuan Tata bahasa. Tes ini dilaksanakan di lantai 7 Gedung Rektorat Universitas Borneo Tarakan yang berlokasi di Jl. Amal Lama No. 1 Kelurahan Kampung Enam pada tanggal 16 Juni 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkatan pemahaman siswa terhadap penguasaan Kosa kata dan kemampuan Tata bahasa termasuk dalam klasifikasi rendah. Sedangkan, korelasi antar kedua variabel rata-rata.
The objective of the study is to describe the levels of vocabulary mastery and grammar ability, academic year 2010/2011 and also to investigate the correlation between vocabulary mastery and grammar ability. Population of this study is the graduates of SMP in Tarakan. Samples of the study were determined purposively. A total 30 graduates who were studying at the first year of High School level as the sample were chosen randomly. In this research the instrument was a set of English TOEFL test which is adopted from TOEFL Preparation Guide, Test of English As A Foreign Language and consist of vocabulary mastery test and grammar ability test. The test is multiple choice forms that have 50 questions, 25 questions of vocabulary mastery and 25 questions grammar ability. This test was done in Borneo University of Tarakan at Rectorat building 7 th 2012 at Jl. Amal Lama No. 1 Kelurahan Kampung Enam. floor on June 16 th The result of the study showed that the levels of respondents vocabulary mastery and grammar ability in poor classification. Whereas, the correlation of both variables were in average correlation.