
The Problems Faced By The English Language Teacher In Conducting The Teaching Preparation At SMP Mulawarman Tarakan On The Seventh Grade Of Academic Year 2011/2012
Pengarang : Sigit Ariwibowo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan permasalahan – permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan persiapan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana subjek dari penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SMP Mulawarman Tarakan yang mengajar dikelas Tujuh tahun pembelajaran 2011/2012. Sekolah ini berlokasi di jalan Seroja No. 31 kelurahan Karang Anyar Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2012. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner. Wawancara dan kuisioner ditujukan kepada guru untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan kegiatan persiapan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan persiapan kegiatan belajar mengajar. Pertama, berkaitan dengan perangkat pembelajaran, dalam persiapan belajar mengajar, Perangkat pembelajaran yang digunakan guru seperti prota, prosem, silabus dan RPP sudah disediakan oleh bagian kurikulum. Hal ini mengakibatkan kencendrungan para guru tidak membuat sendiri perangkat pembelajarannya. Kedua, berkaitan dengan media, media yang dipersiapkan sangat sedikit karena minimnya fasilitas media yang ada di dalam kelas. Selanjutnya, berkaitan dengan karakter siswa dan manajemen kelas. Untuk mengatasi masalah teknis pada saat kegiatan belajar mengajar, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mempersiapkan pengelolaan manajemen kelas dan pengetahuan karakter peserta didik. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan persiapan sebelum mengajar.
The purpose of this research was to describe some teaching problems faced by the English teacher in conducting the teaching preparation. This research used descriptive qualitative. The research was conducted at SMP Mulawarman Tarakan located in jalan Seroja No. 31 kelurahan Karang Anyar, Tarakan on July 2012. The research focused on the English teacher who taught on the seventh grade of academic year 2011/2012. The research instruments used in collecting the data were interview and questionnaire. The interview and the questionnaires consist of several questions showed the teacher’ respond related with the problems faced by the English teacher in conducting the teaching preparation. The result showed that there were many problems faced by the English teacher in conducting the evaluation, such as : Firsly, related with the teacher’ need in teaching preparation like prota, prosem, lesson study and lesson plan, there were available by the curriculum department. It caused, most of the teachers didn’t made their preparation for teaching. Secondly, related with the teaching media prepared by the teacher was limited because the facilitation available in the school was limited. Then, the other problems that related with the characteristic of the students and classroom management. Based on the explanation above, it concluded that there were some problems faced by the English teacher in conducting the teaching preparation.