
The Problems Faced By The English Teacher In Conducting Teaching Learning Process At SDN 027 Tarakan On Sixth Grade Of Academic Year 2011/2012
Pengarang : Donny Mario - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan permasalahan – permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana subjek dari penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SDN 027 Tarakan yang mengajar dikelas Enam tahun pembelajaran 2011/2012. Sekolah ini berlokasi di jalan Sei. Ngingitan, Kelurahan Mamburungan Timur Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi kelas dan interview. Observasi kelas dilaksanakan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Peneliti mengamati apa saja yang guru lakukan untuk menciptakan kondisi belajar siswa yang efektif dan efisien. Setelah itu diakhir pembelajaran, peneliti mewawancari guru yang bersangkutan, untuk mendapatkan data berkaitan dengan permasalahan apa saja yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar dikelas. Hal ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar. Pertama, berkaitan dengan media pembelajaran, dalam proses belajar mengajar media yang digunakan guru terkadang kurang cocok sehingga siswa merasa bosan dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini mengakibatkan kencendrungan para siswa tidak fokus dalam belajar. Kedua, berkaitan dengan metode pembelajaran, metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Guru lebih banyak berperan aktif dibandingkan dengan siswa. Sehingga tujuan dari proses belejar mengajar tidak tercapai dengan maksimal. Selanjutnya, berkaitan dengan materi ajar, guru hanya menggunakan bahan ajar dari satu sumber. Guru tidak mengembangkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan para siswa dikelas. Kemudian yang terakhir, berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengkondusifkan kelas, guru terkesan pasif dan acuh tak acuh ketika menghadapi situasi belajar yang kurang kondusif.
The purpose of this research was described some teaching problems faced by the English teacher in conducting teaching learning process. This research used descriptive qualitative. The research was conducted at SDN 027 Tarakan located in jalan Sei. Ngingitan, Kelurahan Mamburungan Timur, Tarakan on July 2012. The research focused on the English teacher who taught at SDN 027 Tarakan on sixth grade of academic year 2011/2012. The research instruments used in collecting the data were classroom observation and interview. The classroom observation was conducted during teaching learning process. The researcher observed what the teacher did to create effective and efficient atmosphere for students in learning. In the end researcher interviewed the teacher for getting the data related to the problems faced by teacher in conducting teaching learning process. The result showed that there were problems faced by the English teacher in conducting teaching learning process. Firstly, related with the teaching media, in teaching learning process sometimes the teaching media used by the teacher didn’t match. So the students became bored and didn’t focus anymore. Secondly, related with the teaching method, the method used by the teacher unvarieties, the teacher more active than students, that’s why the objective of learning didn’t achieved optimally. Next, related with the teaching material, the teacher only use material from one source without make some innovation for teaching material development which suitable and needed by the student. The last, related with the teacher ability in manage the classroom, the teacher became indifferent and didn’t focused how to make a good atmosphere for teaching learning process activities.