The Problems Faced By The English Language Teacher In Conducting The Evaluation Process At The Sixth Grades Of SDN 027 Tarakan Academic Years 2011/2012 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Problems Faced By The English Language Teacher In Conducting The Evaluation Process At The Sixth Grades Of SDN 027 Tarakan Academic Years 2011/2012

The Problems Faced By The English Language Teacher In Conducting The Evaluation Process At The Sixth Grades Of SDN 027 Tarakan Academic Years 2011/2012

Pengarang : Handran - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan permasalahan – permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam melaksanakan kegiatan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana subjek dari penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris SDN 027 Tarakan yang mengajar dikelas Enam tahun pembelajaran 2011/2012. Sekolah ini berlokasi di jalan Sei Ngingitan Kelurahan Mamburungan Timur Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan kuisioner. Wawancara ditujukan kepada guru untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksakan kegiatan evaluasi belajar mengajar. Sementara kuisioner ditujukan kepada 20 siswa sebagai data pendukung dan mengkonfirmasi data yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan kegiatan evaluasi belajar mengajar. Diantaranya: Pertama, berkaitan dengan tipe evaluasi belajar mengajar yang digunakan,guru menghaadapi masalah dalam menentukan test yang tepat untuk menguji kemmampuan siswa, dan guru juga mengalami kesulitan dalam membuat pertanyaan – pertanyaan yang akan diujikan kepada UTS dan UAS. Kedua, berkaitan dengan teknik evaluasi yang digunakan, guru lebih sering menggunakan tes tertulis dan penugasan dibandingkan dengan praktek. Selain itu kadang – kadang penggunaan teknik evaluasi tidak sesuai dengan skills yang akan diujikan. Ketiga, berkaitan dengan bentuk evaluasi, guru menghadapi masalah dalam menentukan alokasi waktu untuk menguji kemampuan siswa. Keempat, berkaitan dengan instrument evaluasi, permasalahan yang dihadapi oleh guru adalah referensi untuk membuat soal terbatas. Kelima, dalam memberikan nilai kepada siswa, guru sulit memberikan nilai kepada siswa dikarenakan beberapa siswa ada yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan. Selain itu dalam memberikan ujian praktek, banyak siswa yang tidak serius, merasa malu dan takut untuk berbicara. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru bahasa inggris dalam melaksanakan kegiatan proses evaluasi dalam belajar mengajar.

The purpose of this research was to describe some teaching problems faced by the English teacher in conducting the evaluation This research used descriptive qualitative. This research was conducted at SDN 027 Tarakan located in jalan Sei Ngingitan Kelurahan Mamburungan Timur, The research instruments used in the collecting the data were interview and questionnaire. The interview consist of several questions showed the teacher’ respond related with the problems faced by the English teacher in conducting the evaluation. Meanwhile the questionnaire was distributed to the students as supporting data and confirmed the data taken from the interview. The result showed that there are many problems faced by the English teacher in conducting the evaluation, such as: The first, related with the types of evaluation, the teacher didn’t make the schedule for the test and the teacher difficult in determining the suitable test refers to the student’ ability and making the questions for summative and final test. The second, related with the techniques of evaluation, the teacher often used written test and assignment than practice and sometime the technique of evaluation used by the teacher not relevant with the aspect skills evaluated. The third, related with the forms of evaluation, the teacher difficult in determining the time allocated for each forms of the test in conducting the evaluation. The fourth, related with the instruments of evaluation, the literatures in making the instruments were limited. The last, the teacher difficult in giving the final score to the students because many of students didn’t collected their assignment and also in practice test, some students didn’t seriously. They felt shy and scare to speak up. The result indicated that, there were some problems faced by the English language teacher in conducting the evaluation.

Detail Informasi