
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I C SD Negeri 023 Tarakan Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Calistung Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Kartu Bergambar
Pengarang : Masniati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IC SD Negeri 023 Tarakan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis calistung menggunakan media pembelajaran permainan kartu bergambar. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan mulai 01 Pebruari 2011 sampai 06 Maret 2011 dengan 3 kali pertemuan dalam 2 siklus. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IC SD Negeri 023 Tarakan tahun pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 32 orang terdiri atas 14 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes (tertulis dan lisan) dan non tes (lembar observasi guru dan siswa). Hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik deskriptif (sederhana) yaitu teknik persentase dan dihubungkan dengan standar/kategori/kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia (pokok bahasan diri sendiri) berbasis calistung menggunakan media pembelajaran permainan kartu bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IC SD Negeri 023 Tarakan pada semester II tahun pembelajaran 2010/2011. Hasil belajar siswa kelas IC SD Negeri 023 Tarakan semester II tahun pembelajaran 2010/2011 untuk mata pelajaran gabungan (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA), Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis calistung menggunakan media pembelajaran permainan kartu bergambar mengalami peningkatan. Mata pelajaran gabungan meningkat 6,91% dari 87,73% pada siklus I menjadi 94,64% pada siklus II. IPA meningkat 4,27% dari 90,86% pada siklus I menjadi 95,13% pada siklus II, Matematika meningkat 9,22% dari 84,84% pada siklus I menjadi 94,06% pada siklus II, dan Bahasa Indonesia meningkat 7,06% dari 87,50% pada siklus I menjadi 94,56% pada siklus II. Kemampuan Guru kelas IC SD Negeri 023 Tarakan semester II tahun pembelajaran 2010/2011 dalam melaksanakan proses pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis calistung menggunakan media pembelajaran permainan kartu bergambar, menurun 0,67% dari 90,00% pada siklus I menjadi 89,33% pada siklus II. Hal ini sama pada motivasi dan respon siswa juga mengalami peningkatan. Motivasi siswa meningkat 14,58% dari 78,13% pada siklus I menjadi 92,71% pada siklus II, sedangkan respon siswa meningkat 25,00% dari 65,63% pada siklus I menjadi 90,63% pada siklus II.
Tidak Tersedia Deskripsi