
Gangguan Berbahasa Pada Anak Dyslexia Usia 11 Tahun (Kajian Morfologi)
Pengarang : Annisa Shafira Khairani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk gangguan berbahasa dari segi morfologi pada 3 anak Dyslexia berusia 11 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif khususnya mengenai gangguan berbahasa dalam bidang morfologi yaitu morfofonemik. Teknik pengumpulan data yang diguakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode padan, dengan teknik dasar bagi unsur langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gangguan berbahasa pada proses morfofonemik yang terjadi pada AS, INS, dan Z ialah; penghilangan fonem yang dialami ketiga subjek pada proses afiksasi morfofonemik sejumlah 130 kata yang tidak memiliki makna.
This research aimed to figure out the forms of language disorders from the morphological points of view on 3 Dyslexia children aged 11 years old. This research was classified into a qualitative study, especially related to language disorders in the field of morphology, known as morphophonemics. The research date were collected through the involved conversation observation, recording, and note-taking technique. The date were analyzed using the equivalent with the basic direct element sharing technique.The research results show the language disorders in the morphophonemic processes occurring in AS, INS, and Z included the omission of phonemes experienced by all three subjects in the morphophonemic affixation processes with the total of 130 words without meanings.