
Penggunaan Diksi Dalam Karangan Siswa Kelas V SDN 011 Karang Balik
Pengarang : Rinawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian dilakukan di SDN 011 Karang Balik yang terdiri dari 1 kelas, yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes menulis karangan berdasarkan judul yang telah di tentukan. Hasil analisis data menunjukan bahwa siswa kelas V SDN 011 karang balik lebih banyak menggunakan diksi: (1) ada 27 siswa yang menggunakan kelebihan makna redudansi, (2) ada 12 siswa yang menggunakan kesamaan makna (sinonim), (3) ada 1 siswa yang menggunakan kegandaan makna (polisemi), (4) ada 1 siswa yang menggunakan ketercakupan makna (hiponimi), (5) ada 2 siswa yang mengunakan makna konotatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, maka penulis menyampaikan saran agar (1) Penulis mengharapkan bahwa hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk bahan informasi, ilmu pengetahuan bagi peneliti selanjutnya, khususnya kajian mengenai penggunaan diksi dalam karangan, (2) Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia agar meningkatkan pelajaran penggunaan diksi dalam karangan siswa, (3) Agar siswa dapat meningkatkan penggunaan diksi dalam karangan yang dibimbing oleh guru mata pelajaran khusus Bahasa Indonesia, (4) Memberikan manfaat bagi mahasiswa Universitas Borneo Tarakan khususnya dan pembaca umumnya untuk menambah ilmu pengetahuan yang dapat dipahami dan dipelajari dalam pengguaan diksi.
Tidak Tersedia Deskripsi