
Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIIIA Madrasah Tsanawiya Al Khairaat Tarakan Dengan Model Diskusi Kelas Strategi Buzz Group
Pengarang : Sayid Ali - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan keterampilan berbicara siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Al Khairaat Tarakan. Pemecahan rendahnya keterampilan berbicara siswa di kelas VIII -A Madrasah Tsanawiyah Al Khairaat Tarakan adalah dengan penerapan metode pembelajran model Buzz Group. Setelah diterapkan metode pembelajaran model Buzz Group keterampilan berbicara siswa kelas VIII-A dalam pembelajaran bahasa Indonesia meningkat. Penelit ian ini dilakukan dalam dua siklus terhadap 17 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator, dan analisis data dilakukan secara deksripsi dengan teknik presentase. Tingkat keterampilan berbicara siswa dinya -takan dengan katagori tinggi, sedang, atau rendah, sedangkan keberhasilan Buzz Group dinyatakan dengan berhasil, atau tidak berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Keterampilan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran tinggi, karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% siswa terlibat aktif, 2) Frekuensi siswa yang bertanya tinggi, karena kriteria yang ditetapkan, yakni 77%, sedangkan kriteria 75%, 3) Siswa yang mampu mengajukan pendapat sedang, karena meskipun belum memenuhi kriteria tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan, 4) Siswa yang mampu menjawab pertayaan tinggi, karena melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 83%, sedangkan kriteria 80%, dan 5) Kinerja kelompok tinggi, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Dengan demikian strategi kelas dengan model Buzz Group berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Al Khairaat tarakan.
Tidak Tersedia Deskripsi