
Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Komik Siswa Kelas V SDIT Ulul Albab Tarakan
Pengarang : Karliansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk untuk memperoleh fakta secara nyata mengenai pencapaian hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar komik tahun pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan 11 hari, yang dilaksanakan mulai bulan Desember 2011 sampai dengan April 2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian mengenai fakta-fakta yang ingin diketahui dengan menggunakan data berupa angka dan menggambarkan pencapaian hasil belajar siswa apa adanya dan memusatkan perhatian pada aspek keterampilan menulis karangan narasi berdasarkan media komik sebagai media pembelajarannya. Sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini, adalah sebanyak 30 orang siswa dan penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan rincian jumlah populasi 30 orang siswa, yang terdiri dari jumlah siswa laki-laki sebanyak 12 orang dan jumlah siswa perempuan sebanyak 18 orang. Berdasarkan rumusan masalah dari hasil penelitian serta pembahasannya, maka disimpulkan bahwa hasil pencapaian belajar siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar komik adalah cukup. Hal ini dibuktikan dengan penjelasan untuk indikator pertama Kesesuaian Penulisan Karangan Narasi dengan Media Gambar mendapatkan nilai 70, dengan persentase 17,10%, untuk indikator kedua Sistematika isi karangan mendapatkan nilai 78, dengan persentase 19,05%, untuk indikator ketiga Jumlah Kalimat dalam 1 Alinea mendapatkan nilai 68, dengan persentase 16,61%, untuk indikator keempat Penyusunan Kalimat mendapatkan nilai 71, dengan persentase 17,42%., untuk indikator kelima Diksi (Pilihan Kata), mendapatkan nilai 62, dengan persentase 15,30% dan untuk indikator keenam Ejaan dan Tanda Baca Tataejaan adalah mendapatkan nilai 58, dengan persentase 14,33%. Sementara itu untuk perolehan tertinggi dan terendah dalam tiap indikator yang diamati dapat di jelaskan bahwa untuk indikator pertama sampai indikator keenam pada umumnya siswa mendapatkan perolehan nilai tertinggi yaitu 78 yaitu pada indikator kedua Sistematika isi karangan dengan persentase 19,05%,, sementara itu untuk indikator keenam Ejaan dan Tanda Baca Tataejaan mendapatkan perolehan nilai terendah yaitu 58 dengan persentase 14,33%.. Sementara itu berdasarkan data hasil perhitungan hasil penelitian kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar komik siswa kelas V SDIT Ulul Albab Tarakan menggambarkan bahwa kemampuan sebagian besar responden dalam menulis karangan narasi adalah cukup, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata 68 pada kriteria cukup dengan bobot C (60-74).
Tidak Tersedia Deskripsi