
Efektivitas Kalimat Dalam Iklan Di Majalah Aneka Yess
Pengarang : Sibli - Personal Name;
Perpustakaan UBT : ., 2012XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas kalimat dalam iklan di Majalah Aneka Yess edisi bulan Juni, terbitan 13, tanggal 17 Juni 2012 sampai dengan tanggal 30 Juni 2012 dan edisi bulan Juli, terbitan 14-15, tanggal 1 Juli 2012 sampai dengan tanggal 28 Juli 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka yang bersifat deskriptif kualitatif. Penulis mendeskripsikan secara tertulis efektivitas kalimat dalam iklan di Majalah Aneka Yess edisi bulan Juni, terbitan 13, tanggal 17 Juni 2012 sampai dengan tanggal 30 Juni 2012 dan edisi bulan Juli, terbitan 14-15, tanggal 1 Juli 2012 sampai dengan tanggal 28 Juli 2012. berdasarkan teks-teks yang terkait dengan efektivitas kalimat. Data dikumpulkan dengan cara menyimak dan membaca buku Majalah Aneka Yess. Penyimakan tersebut diikuti dengan teknik catat, yaitu mencatat semua data ke dalam tabel data. Setelah data dikelompokkan berdasarkan efektivitas berdasarkan pola kalimat persuasif yang dipergunakan dalam iklan tersebut, kemudian dianalisis. Teknik analisis dilakukan dengan memberikan interpretasi terhadap data yang berwujud efektivitas penggunaaan kalimat persuasif. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kalimat dalam iklan di Majalah Aneka Yees edisi bulan Juni, terbitan 13, tanggal 17 Juni 2012 sampai dengan tanggal 30 Juni 2012 dan edisi bulan Juli, terbitan 14-15, tanggal 1 Juli 2012 sampai dengan tanggal 28 Juli 2012. Secara keseluruhan dari hasil penelitian, keefektivitasan kalimat dalam iklan di Majalah Aneka Yees edisi bulan Juni, terbitan 13, tanggal 17 Juni 2012 sampai dengan tanggal 30 Juni 2012 dan edisi bulan Juli, terbitan 14-15, tanggal 1 Juli 2012 sampai dengan tanggal 28 Juli 2012. Terdapat 4 syarat keefektifitasan kalimat yaitu: 1) Kesatuan Pikiran; 2) Kepaduan; 3) Penekanan; dan 4) Kehematan.
Tidak Tersedia Deskripsi