Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Proses Dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII C SMP Mulawarman Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Proses Dan  Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII C SMP Mulawarman Tarakan

Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Proses Dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII C SMP Mulawarman Tarakan

Pengarang : Sri Rusyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses dan prestasi belajar biologi melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dengan bantuan alat peraga siswa kelas VIIC SMP Mulawarman Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan mulai bulan pebruari hingga bulan maret 2011 di SMP Mulawarman Tarakan. Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dengan bantuan alat peraga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Mulawarman Tarakan tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah pengamatan siswa, kemampuan kognitif, angket respon dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan proses dan prestasi belajar siswa, ditunjukkan dengan peningkatan indikatorindikator keaktifan siswa. Rata-rata kemampuan kognitif siswa meningkat dari 64,16 menjadi 85.

The purpose of this study was to determine the enhancement of biological processes and learning achievement through the implementation of cooperative learning model Examples Non Examples with the aid of props VIIC-class junior high school students Mulawarman Tarakan. The research was carried out for 2 months starting in pebruary until March 2011 in the junior Mulawarman Tarakan. Classroom action research using the cooperative learning model Examples Non Examples with the aid of props. The subject of this study were junior high students VIIC class Mulawarman Tarakan 2010/2011 academic year by the number of 30 students. The instrument used was the observation of students, cognitive skill, questionnaire responses and field notes. Analysis of the data used is descriptive qualitative and quantitative descriptive. The results showed that the implementation of cooperative learning model Examples Non Examples with visual aids can help improve the process and student achievement, indicated by an increase in indicators of student activity. Average cognitive abilities of students increased from 64,16 to 85.

Detail Informasi