
Perbedaan Hasil Belajar Biologi Dengan Berbagai Pola Sidik Jari Kelas VII Di MTs Negeri Tarakan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Team Assisted Individualization (TAI)
Pengarang : Muhammad Isnaeni - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan berbagai pola sidik jari pada siswa MTs Negeri Tarakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan team assisted individualization dan bentuk pola sidik jari yang mendominasi siswa Mts Negeri Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan, mulai bulan April sampai dengan Mei 2011 di MTs Negeri Tarakan. Sampel yang diambil sebanyak 70 siswa berdasarkan kelas VII, yaitu pada kelas VII-A sebanyak 35 siswa dan VII-B sebanayak 35 siswa, dari seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Tarakan (populasi). Hasil penelitian menunjukkan hubungan pola sidik jari dengan hasil pembelajaran dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi dengan berbagai pola sidik jari siswa MTs Negeri Tarakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dan team assisted individualization.
The Research Objective Was To Determine Differences In Learning Outcomes With Different Fingerprint Patterns On Mts Tarakan Students Using Cooperative Learning Model Type The Make A Match And Team Assisted Individualization And Shape Of The Fingerprint Pattern That Dominates Student Affairs Tarakan Mts. The Study Was Conducted Over Two Months, From April To May 2011 In Mts Tarakan. Samples Taken As Many As 70 Students Based On Class VII, Which Is In Class VII-A As Many As 35 Students And VII-B Sebanayak 35 Students, All Students From Class VII Mts Tarakan (Population). The Results Showed A Relationship With The Fingerprint Patterns Of Learning Outcomes Can Be Concluded That There Is No Biological Difference In Learning Outcomes With Different Fingerprint Patterns Tarakan Mts Students Using Cooperative Learning Model Type Make A Macth And Team Assisted Individualization.