
Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Konsep Pencemaran Lingkungan Melalui Tutor Sebaya Kelas VII-3 SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pembelajaran 2010/2011
Pengarang : Andian - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meneliti upaya yang dilakukan untuk meningkatklan hasil belajar biologi konsep pencemaran lingkungan melalui tutor sebaya VII-3 SMP Negeri 3 tarakan tahun pembelajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-3 SMP Negeri 3 Tarakan tahun pembelajaran 2010/2011. Untuk menentukan sampel maka penulis mengambil semua angota populasi dengan jumlah siswa 29 orang, melalui Tutor Sebaya. penelitian ini, adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi belajar mengajar, angket respon siswa terhadap Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 3 Tarakan Melalui Tutor Sebaya Tahun Pembelajaran 2010/2011, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penerapan metode tutor sebaya dalam upaya meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran Biologi di kelas VII-3 SMP Negeri 3 Tarakan dikatakan berhasil. Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran tinggi, karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 33,3% menjadi 66,6%. Frekuensi siswa yang bertanya tinggi, karena melampaui kriteria yang ditetapkan, yakni 29,6 meningkat 62,9%. Siswa yang mampu mengajukan pendapat sedang yaitu 18,5%, meskipun belum memenuhi kriteria 60%, tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan 40,7%. Siswa yang mampu menjawab pertanyaan 18,5%, meskipun belum memenuhi kreteria 60% tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan yakni 40,7%. Kinerja kelompok tinggi, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu 100% melebihi kriteria 65%.
Tidak Tersedia Deskripsi