Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran (Mind Map) Dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP NEGERI 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran (Mind Map) Dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan  (PBMP) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP NEGERI 2 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran (Mind Map) Dengan Pola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMP NEGERI 2 Tarakan

Pengarang : Nurmaisah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta pikiran (mind map) dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (pbmp) terhadap hasil belajar biologi siswa smp.negeri 2 tarakan. Metode penelitian yang digtinakan adalah eksperimen semu, populasi dalam penelitian ini siswa kelas vii smp- n2 tarakan tahun pembelaiaran 2010/2011, dan sebagai sampel yaitu kelas vii-1, vii-2 dan vii-3. Teknik pengambilan sampel yaitu purposiv sampling dan teknik pengarribilan data dengan menggunakan tes dan menggunakan uji t. Dari analisis uji t kelas eksperimen 1 (mind map dan pbmp) memiliki rata-rata 90.00, kelas eksperimen 2 (mind map) memiliki rata-rata 80.00 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 79·.oo. Dari analisis uji t diperoleh untuk kelas eksperimen 1 (mind map dan pbmp) yaitu t hitung 36,257 > t tabel 2,021. Dan untuk kelas eksperimen 2 (mind map) yaitu t hitung 2,492 >. T tabel 2,021. Maka diketahui bahwa kelas yang diberikan perlakuan mind map dengan pola pbmp memiliki nilai yang lebih haik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaah peta pikiran (mind map) dengan pola pbmp terhadap hasil belajar biologi siswa smp negeri 2 tarakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi